visitaaponce.com

PKS Kukuh Tolak Kedatangan Timnas Israel U-20 ke Indonesia

PKS Kukuh Tolak Kedatangan Timnas Israel U-20 ke Indonesia
Nasir Djamil.(Medcom/Theofilus Ifan Sucipto.)

FRAKSI Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR kukuh menolak kedatangan tim nasional (timnas) Israel U-20 ke Indonesia. PKS mengklaim penolakan itu berlandaskan konstitusi.

"Sikap Fraksi PKS menolak kedatangan timnas Israel untuk bertanding di Piala Dunia U-20," kata politikus PKS Nasir Djamil dalam diskusi virtual Crosscheck Medcom.id bertajuk Timnas U20 Israel Bikin Resah, Jangan Lupa Sejarah, Minggu, 26 Maret 2023.

Nasir mengatakan sikap itu mengacu pada Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Salah satu isinya, yakni tidak setuju dengan penjajahan dan mendukung penghapusan penjajahan.

Baca juga: Perjuangan Indonesia untuk Palestina tidak Surut Meski Terima Israel di Piala Dunia U-20

"Hari ini Israel masih menjajah Palestina atas nama kependudukan. Konstitusi kita jelas secara clear menunjukkan kita membenci penjajahan," ujar anggota Komisi III DPR itu.

Nasir menyebut dasar penolakan lain ialah substansi pertemuan DPR di forum internasional. Setiap perwakilan DPR yang hadir disebut kerap menolak keras dukungan terhadap Israel. "Kami melihat bangsa Indonesia juga memberi komitmen ke perjuangan Palestina untuk dapat kemerdekaan yang sebenarnya," papar dia.

Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Timnas Israel sebagai salah satu peserta akan tampil dalam kompetisi tersebut.

Kedatangan timnas Israel menuai pro dan kontra. Duta Besar Palestina Zuhair Al-Shun meminta publik memisahkan isu politik dan kepentingan olahraga. Namun ada juga yang menentang kehadiran timnas Israel seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI) hingga Gubernur Bali I Wayan Koster. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat