visitaaponce.com

Lakukan Debut, Tuchel Bawa Bayern Tekuk Dortmund

Lakukan Debut, Tuchel Bawa Bayern Tekuk Dortmund
Pelatih anyar Bayern Muenchen Thomas Tuchel saat memimpin timnya melawan Borussia Dortmund di laga Bundesliga.(AFP/KERSTIN JOENSSON)

BAYERN Muenchen kembali ke puncak klasemen Bundesliga, Sabtu (1/4), setelah menang 4-2 atas Borussia Dortmund di laga pertama Thomas Tuchel sebagai pelatih klub Bavaria itu.

Gol bunuh diri penjaga gawang Dortmund gregor Kobel serta dua gol Thomas Mueller membawa Bayern unggul 3-0 saat laga baru berlangsung 25 menit.

Kingsley Coman mencetak gol keempat selepas jeda untuk membawa Bayern unggil dua poin atas Dortmund meski tim tamu berhasil mencetak dua gol hiburan di akhir laga.

Baca juga: Pemain Bayern Terkejut dengan Pemecatan Nagelsmann

"Kita butuh hasrat untuk menjadi semakin baik karena kami harus menjadi lebih baik," ungkap Tuchel sembari memuji gairah para pemainnya untuk terus merebut bola.

"Ini adalah hasil yang sangat kami inginkan," lanjutnya.

Dortmund bertandang ke markas Bayern sebagai pemuncak klasemen Bundesliga, unggul satu poin atas Die Roten, yang memecat Julian Nagelsmann dan menunjuk Tuchel sebagai pengganti, pekan lalu.

Baca juga: Tuchel tidak Menyangka Jadi Pelatih Bayern

Tuchel, yang menjuarai DFB Pokal saat menukangi Dortmund, hanya sempat sekali memimpin latihan Bayern, namun mendapat hadiah dari Kobel saat laga baru berlangsung 13 menit.

Penjaga gawang, yang baru bermain setelah absen selama 5 pekan karena cedera, keluar dari kotaknya untuk mengamankan umpan jarak jauh Dayot Upamecano namun hanya bisa melakukan kontak tipis dan tidak bisa berbuat apa-apa ketika bola bersarang di gawangnya.

Mueller kemudian mencetak gol dari sepak pojok, lima menit kemudian, dan kemudian memanfaatkan kegagalan Kobel mengamankan bola tendangan keras Leroy Sane, lima menit berikutnya.

"Terkadang Anda mengalami hari buruk dan ini adalah salah satunya," ungkap Kobel selepas laga, menyalahkan diri sendiri atas kekalahan Dortmund.

Namun, pelatih Dortmund Edin Terzic membela penjaga gawang andalannya dengan mengatakan, "Kita tidak bisa melupakan dia adalah orang yang membuat kita bisa berada di puncak klasemen.

Berbeda dengan di awal musim ketika Dortmund bangkit dari ketertinggalan 2-0 untuk meraih hasil imbang 2-2 melawan Bayern, kali ini tidak ada keajaiban setelah Coman mencetak gol di awal babak kedua.

Emre Can mencetak gol dari titik penalti setelah Segre Gnabry dilanggar Jude Bellingham di kotak terlarang pada menit 72. 

Penyerang Belanda Donyell Malen kemudian mencetak gol kedua Dortmund di akhir waktu normal.

Bayern memenangkan sembilan laga kandang mereka melawan Dortmund dengan mencetak 37 gol dan hanya kebobolan delapan kali.

Dortmund, kini, harus berusaha bangkit dari kekalahan dari Bayern, kekalahan pertama mereka di 2023, menjelang laga perempat final DFB Pokal melawan RB Leipzig, Kamis (6/4) dini hari WIB.

Adapun Bayern akan berhadapan dengan Freiburg dua kali dalam tempo sepekan, pertama di kandang untuk laga DFB Pokal, Rabu (5/4) dini hari WIB, dan kemudian di laga Bundesliga, Sabtu (8/4). (AFP/Z-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat