visitaaponce.com

Kata Pele Masuk ke Kamus Bahasa Portugis

Kata Pele Masuk ke Kamus Bahasa Portugis
Mendiang legenda sepak bola Brasil Pele pada 1 April 1992.(AFP/Maria R. BASTONE)

PELE, pesepak bola terhebat sepanjang sejarah, kini juga merupakan kata sifat.

Kamis (27/4) WIB, kata Pele ditambahkan dalam lebih dari 167 ribu kata di dalam Kamus Bahasa Portugis Michaelis yang dicetak di Brasil.

Bagi pembicara bahasa Portugis di dunia, yang berjumlah 265 juta orang, kata pele kini bisa digunakan untuk menggambarkan sesuatu atau seseorang yang luar biasa, hal yang telah lama digunakan secara informal di Brasil.

Baca juga: Dikecam karena Swafoto di Depan Jenazah Pele, Infantino Bela Diri

"Pernyataan yang telah digunakan untuk mengacu pada seseorang yang terbaik dalam hal yang mereka lakukan kini diabadikan dalam halaman kamus," ungkap Yayasan Pele di Instagram.

Dalam penjelasan di kamus itu, kata pele digunakan untuk menggambarkan pernyataan luar biasa, tidak ada tandingan, dan unik--kualitas yang diasosiasikan dengan legenda sepak bola yang meninggal dunia Desember lalu di usia 82 tahun.

Versi daring kamus Michaelis juga menyediakan contoh penggunaannya: "Dia adalah pele di bola basket" dan "Dia adalah pele di drama Brasil".

Baca juga: Penghormatan Terakhir Pele di Pemakaman Tertinggi di Dunia

Saat ini, kata pele baru ditambahkan di versi daring kamus Michaelis namun rencananya akan ditambahkan di versi cetak di masa depan.

Masuknya kata pele di kamus bahasa Portugis merupakan bagian dari kampanye yang digelar Yayasan Pele, stasiun televisi olahraga SporTV, dan klub sepak bola asal Sao Paulo, Santos, tempat Pele menghabiskan mayoritas kariernya.

Pele membukukan jumlah gol terbanyak di dunia yaitu sebanyak 1.281 gol selama dua dekade membela Santos (1956-74), timnas Brasil, dan New York Cosmos (1975-76). (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat