visitaaponce.com

Euro 2024 Jadi Turnamen Eropa Terakhir bagi Cristiano Ronaldo

Euro 2024 Jadi Turnamen Eropa Terakhir bagi Cristiano Ronaldo
Penyerang Portugal #07 Cristiano Ronaldo merayakan mencetak gol keduanya bersama penyerang Portugal #21 Diogo Jota selama pertandingan persa(MIGUEL RIOPA / AFP)

MEGA bintang Cristiano Ronaldo menegaskan bahwa kejuaraan Piala Eropa di Jerman akan menjadi yang terakhir dalam kariernya. Euro 2024 menandai penampilan keenam Ronaldo yang memecahkan rekor di Kejuaraan Eropa.

Turnamen berikutnya akan diselenggarakan oleh Inggris dan Republik Irlandia empat tahun lagi, saat Ronaldo berusia 43 tahun.

"Tanpa diragukan lagi, ini adalah Euro terakhir (bagi saya), tentu saja," kata Ronaldo mengutip ESPN, (3/7).

Baca juga : Piala Eropa 2024 Jadi yang Terakhir untuk Ronaldo

"Tetapi saya tidak merasa emosional dengan hal tersebut. Saya tergerak oleh semua hal yang ada dalam sepak bola, oleh antusiasme yang saya miliki terhadap permainan, antusiasme yang saya lihat dari para penggemar, memiliki keluarga saya di sini, semangat orang-orang, ini bukan tentang meninggalkan dunia sepak bola. Apa lagi yang harus saya lakukan atau menangkan?."

Ronaldo, yang melakukan debutnya bersama Portugal pada tahun 2003 dan memenangkan turnamen tahun 2016, merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk tim nasional dengan 130 gol.

"Hal terpenting dari perjalanan yang telah saya lalui adalah antusiasme yang masih saya miliki untuk berada di sini. Sudah 20 tahun mewakili dan bermain bersama tim nasional, membawa kegembiraan bagi orang-orang, keluarga, anak-anak saya, itulah yang paling memotivasi saya," tuturnya.

Baca juga :  Portugal Cadangkan Pemain Inti di Laga Lawan Georgia

Kekuatan mental Ronaldo sempat diuji ketika ia melihat tendangan penaltinya pada menit ke-114 digagalkan oleh kiper Slovenia Jan Oblak.

Portugal memenangkan pertandingan babak 16 besar, mengalahkan Slovenia dalam adu penalti yang membuat penjaga gawang Portugal, Diogo Costa, menggagalkan ketiga tendangan Slovenia.

Sang superstar Al Nassr itu pun menangis saat pertandingan berlanjut ke babak adu penalti dan harus dihibur oleh rekan-rekan setimnya.

Baca juga : Euro 2024: Robeto Martinez Ungkap Kekhawatiran Terhadap Penggemar

"Inilah sepak bola; mereka yang gagal adalah mereka yang telah mencoba. Saya akan selalu melakukan yang terbaik untuk kostum ini, entah saya gagal atau tidak," ujar Ronaldo.

"Seperti yang Anda lihat, saya gagal mengeksekusi penalti, namun saya ingin menjadi orang pertama yang mencetak gol [pada babak adu penalti], karena Anda harus bertanggung jawab ketika tim harus melakukannya. Anda tidak boleh takut, saya tidak pernah takut untuk menghadapi segala sesuatunya secara langsung, terkadang saya melakukannya dengan benar, terkadang tidak, namun menyerah adalah sesuatu yang tidak akan pernah Anda dengar dari nama saya."

Ronaldo, yang merupakan pencetak gol terbanyak dalam sejarah kompetisi ini dengan 14 gol, masih belum berhasil mencetak gol di Jerman. Hal itu pun membuatnya cukup frustasi.

Baca juga : Penggemar Cristiano Ronaldo Ganggu Kemenangan Portugal di Euro 2024 

"Tentu saja membuat frustasi ketika kami tidak bisa mencetak gol, tetapi inilah sepak bola. Saya kalah dua kali tahun ini melalui adu penalti (dari Al Ain dalam adu penalti di perempat final Liga Champions Asia dan dari Al Hilal di final Piala Raja Champions), dan sekarang saya menang. Saya pikir sepak bola terkadang harus adil, dan itu adil karena saya pikir Portugal pantas menang," bebernya.

Portugal akan menghadapi Prancis di perempatfinal. Ronaldo pun memprediksi laga tersebut akan menjadi tantangan berat bagi Portugal.

"Kami akan menghadapi laga yang sulit melawan Prancis, yang merupakan favorit untuk memenangkan kompetisi ini bersama Jerman dan Spanyol. Tetapi kami akan berperang inilah sepak bola. Tim sedang bermain dengan baik, ini (kemenangan atas Slovenia) merupakan dorongan energi yang dimiliki tim, dan kami akan berjuang sampai akhir," pungkasnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat