visitaaponce.com

Bersih-Bersih PSSI, Erick Bentuk Satgas Pengawasan Pengaturan Skor dan Pengawasan Keuangan

Bersih-Bersih PSSI, Erick Bentuk Satgas Pengawasan Pengaturan Skor dan Pengawasan Keuangan
Ketua Umum PSSI Erick Thohir(Antara/Indriarto Eko Suwarso)

KETUA Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyebut Presiden Joko Widodo mendukung penuh pembentukan satuan tugas (satgas) mafia pengaturan skor dan tim audit independen manajemen keuangan PSSI. 

Sejumlah nama sedang digodok untuk masuk dalam dua tim yang dibentuk dalam rangka pembenahan sepak bola nasional.

Dukungan itu dipastikan setelah ia bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jumat (28/4). Pertemuan itu untuk memberikan info kondisi terkini terkait sepakbola Indonesia.

Baca juga : Timnas U-22 Berlatih sambil beradaptasi dengan lapangan di Kamboja

"Pak Presiden mendukung penuh satgas ini. Sehingga saya bertahap akan mencari figur independen untuk mengawal satgas ini. Saya sudah rapat dengan Exco PSSI, mereka juga mendukung penuh," kata Erick di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta, Jum'at (28/4).

Satgas Pengawasan Pengaturan Skor memiliki tugas utama mengevaluasi kinerja setiap wasit di musim kompetisi mendatang. Sedangkan, Satgas Pengawasan Keuangan akan mengawal proses audit keuangan PSSI yang proses penjajakannya tengah dilakukan oleh firma audit Ernst & Young.

Baca juga : Pengamat Dukung Erick Thohir Satukan Pemain Timnas Indonesia U-20 di Bhayangkara FC 

"Kedua satgas itu akan terdiri dari beberapa Komite Eksekutif (Exco) PSSI dan figur-figur independen akan mengumpulkan data dan melakukan kajian, baik dalam hal pengaturan skor yang mungkin melibatkan wasit dan juga kelengkapan laporan keuangan PSSI," kata Erick.

Erick menjelaskan,keberadaan Satgas itu bukan untuk mencari siapa yang salah dan tidak punya tujuan untuk saling menjatuhkan.

"Namun untuk mencari akar masalah yang membuat selama ini citra PSSI selalu jelek, bobrok, suap, atau ada main, dan hal-hal yang negatif. Karena itu, saya juga melibatkan profesional di satgas ini, salah satunya, Pak Ardan Adiperdana, mantan ketua BPKP di Satgas Pengawasan Keuangan PSSI," tegas Erick.

Erick mengatakan, Presiden Jokowi juga meminta PSSI untuk berkoordinasi dengan Polri dan Jaksa Agung terkait pembentukan satgas ini.

"Kita mau berkolaborasi antara stakeholder sepak bola dengan pemerintah. Ini bukan intervensi. Ini kerja sama dengan pemerintah dalam rangka perbaikan sepak bola nasional," Kata Erick. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat