visitaaponce.com

TIM U-22 Indonesia Bertekad Sapu Bersih Kemenangan Fase Grup di SEA Games 2023

TIM U-22 Indonesia Bertekad Sapu Bersih Kemenangan Fase Grup di SEA Games 2023
Pemain Tim U-22 Indonesia merayakan gol ke gawang Timnas Timor di SEA Games 2023. Tim U-22 menang dengan skor 3-0 (7/5/2023).(ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

TIM U-22 Indonesia bertekad menyapu bersih kemenangan fase grup SEA Games 2023 Kamboja. Skuad Garuda Muda akan menghadapi partai terakhir Grup A melawan tuan rumah Kamboja pada Rabu (10/5) malam WIB di Stadion Nasional, Phnom Penh.

Dalam tiga laga penyisihan grup yang sudah dijalani, Rizky Ridho dkk mencatat hasil sempurna, dengan selalu menang tanpa kebobolan. Garuda Muda sudah dipastikan lolos ke semifinal dan ingin memastikan juara grup jika meraih kemenangan. Indonesia juga jadi tim paling tajam dengan 11 gol.

Pelatih tim U-22 Indonesia Indra Sjafri sebelumnya menyampaikan ingin merotasi untuk memberi waktu istirahat sejumlah pemain agar bisa memberikan penampilan terbaik di semifinal yang digelar pada 13 Mei 2023. Hasil apa pun dalam pertandingan itu tidak akan berpengaruh terhadap kelolosan tim U-22 Indonesia ke semifinal.

Baca juga: Kalah dari Vietnam, Tim U-22 Malaysia Pulang Kampung dari SEA Games

Kendati demikian, para pemain tidak ingin hanya 'bermain aman' untuk sekedar rotasi. Pemain mengincar kemenangan untuk menambah kepercayaan diri sebelum berlaga di semifinal.

"Motivasi saya untuk menghadapi laga berikutnya lawan Kamboja yaitu dengan melakukan persiapan sebaik-baiknya, mengikuti arahan pelatih, dan siap memberikan segalanya untuk kemenangan Indonesia," kata striker tim U-22 Indonesia Ramadhan Sananta, Selasa (9/5).

Baca juga: Terancam Gagal di SEA Games 2023, Presiden Sepak Bola Kamboja Mundur

Saat ini, Garuda Muda masih kokoh di puncak klasemen Grup A SEA Games 2023 dengan koleksi sembilan poin dari tiga pertandingan. Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk melangkah ke fase semifinal dengan status sebagai juara grup.

Kemampuan taktik Indra Sjafri akan dipertaruhkan di laga terakhir babak penyisihan. Ia perlu menjaga kondisi pemain untuk menjalani fase gugur setelah lawan Kamboja.

Calon lawan yang akan dihadapi Indonesia akan lebih berat di semifinal. Pilihannya adalah Thailand atau Vietnam yang bakal berebut posisi juara grup.

Ketajaman serangan, solid dalam bertahan, dan kondisi fisik ditambah mental pemain ialah beberapa hal yang perlu dijaga Garuda Muda. Sebab rintangan bakal semakin berat seiring dengan langkah menuju final.

Bagi Kamboja, laga melawan Indonesia merupakan laga hidup mati untuk bisa lolos ke semifinal. Tuan rumah ada di urutan ketiga klasemen sementara dengan perolehan empat poin, selisih dua poin dari Myanmar di posisi kedua. Kamboja harus berharap dari Filipina agar bisa mengalahkan Myanmar untuk membantu tuan rumah lolos ke semifinal.

Pelatih tim U-22 Kamboja Ryu Hirose, tidak peduli dengan rencana rotasi skuad Garuda Muda yang pada laga nanti. Ryu hanya ingin fokus menyiapkan tim untuk meraih kemenangan.

"Kami harus menang atas Indonesia untuk membuka peluang lolos ke semifinal. Tidak peduli tim apa yang akan digunakan Indonesia, Kamboja hanya punya satu target, yaitu menang," kata Ryu Hirose. (Mal/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat