visitaaponce.com

Manchester United Dibeli Rp111 Triliun, Berapa Kekayaan Sheikh Jassim

Manchester United Dibeli Rp111 Triliun, Berapa Kekayaan Sheikh Jassim?
Sheikh Jassim Bin Hamad Bin Jassim Bin Jaber Al Thani, Ketua Qatar Islamic Bank (QIB) yang membeli klub Manchester United.(Qatar Islamic Bank)

MILIARDER Qatar Sheikh Jassim bin Hamad Al-Thani dikabarkan berhasil membeli Manchester United seharga 6 miliar poundsterling atau Rp111 triliun, dan mengalahkan saingannya taipan Inggris Sir Jim Ratcliffe. Siapakah miliarder itu dan berapa kekayaannya?

Dilansir dari Daily Mail, pengambilalihan Manchester United menjadi sorotan setelah Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani mengajukan tawaran terakhirnya dan menetapkan batas waktu pada Jumat (9/6).

Selama beberapa bulan, pengusaha Qatar itu menjadi salah satu dari dua konglomerat yang bertempur untuk membeli klub Old Trafford, bersama dengan miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe.

Baca juga : Sheikh Jassim Beli Manchester United, Kesepakatan Segera Diumumkan

Dalam langkah kekuatan besar untuk menguasai raksasa Liga Premier, Sheikh Jassim mengajukan tawaran langsung kepada pemilik klub, keluarga Glazer, dan Grup Raine, bankir Amerika yang mengelola MU sejak lama. Glazer membeli MU pada 2005 seharga US$1,2 miliar.

Siapakah Sheikh Jassim? Berikut ini profilnya.

Baca juga : Manchester United Disarankan Cuci Gudang

Sheikh Jassim bin Hamad Al-Thani adalah miliarder yang saat ini menjabat sebagai Ketua Qatar Islamic Bank (QIB) dan juga anggota keluarga kerajaan Qatar.

Miliarder kelahiran 1982 itu menghabiskan sebagian besar masa mudanya di Inggris, bersekolah di Dorset sebelum belajar di Royal Military Academy di Sandhurst.

Dia menjadi anggota dewan di salah satu bank investasi terbesar dunia, Credit Suisse, sebelum menjadi seorang bankir.

Ayahnya Sheikh Jassim adalah Sheikh Hamad bin Jassim bin Jaber al-Thani yang dijuluki 'HBJ' dan dikenal sebagai 'orang yang membeli London'.

Sheikh Hamad pernah menjadi perdana menteri Qatar antara 2007 dan 2013, telah memberikan £2,6 juta dalam bentuk tunai kepada Raja Inggris Charles III dalam beberapa pertemuan tatap muka. Uang ini disumbangkan untuk amal, dengan serah terima yang sangat legal.

HBJ juga terlibat dalam menjalankan Paris Saint-Germain, pernah menjadi ketua Otoritas Investasi Qatar (QIA). QIA memiliki Qatar Sports Authority (QSA), yang memiliki PSG.

Sheikh Jassim mengaku dirinya penggemar United seumur hidup. Ada satu foto yang menunjukkan dia mengenakan kemeja klub MU, namun foto tersebut belum terkonfirmasi secara resmi.

Berapa kekayaan Sheikh Jassim?

Ayahnya, Sheikh Hamad bin Jassim bin Jaber al-Thani merupakan salah satu orang terkaya di teluk itu. Kekayaan bersih sang ayah mencapai US$1,2 miliar (£892 juta) atau Rp17,8 triliun, menurut Forbes.

Sebagai anggota keluarga Kerajaan Qatar, keluarga Sheikh Jassim memiliki kekayaan kolektif sekitar £275 miliar atau Rp5.140 triliun, seperti dikutip dari Daily Mail. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat