visitaaponce.com

Perjalanan Karir David Silva, Penyihir Kecil yang Ditempa di Valencia

Perjalanan Karir David Silva, Penyihir Kecil yang Ditempa di Valencia
David Silva(Instagram/David Silva)

David Silva secara resmi mulai menggeluti sepak bola pada usia 14 tahun. Saat itu, ia masuk akademi Valencia dan bermain untuk tim muda atau Valencia B. Setelah tiga tahun, ia tidak langsung menembus skuad utama klub berlambang kelelawar tersebut. Ia dipinjamkan ke Eibar dan menjalani debut profesional di sana. Setahun di Eibar, Silva kembali dipinjamkan ke klub Spanyol lain, Celta Vigo.

 

Hingga akhirnya, pada 2006, ia pulang ke Valencia dan tembus ke tim utama. Namanya mulai melejit dan diperhitungkan mulai saat itu. Bersama pasangan emasnya, David Villa, Silva mampu menunjukkan performa terbaik. Ia mampu membantu tim meraih gelar Copa Del Rey pada 2008.

Penampilan apiknya membuat Roberto Mancini, yang saat itu melatih Manchester City, terkesima. Silva pun diboyong ke Inggris. Di sana, performanya semakin matang. Ia menjadi maestro lapangan tengah, salah satu yang terbaik di daratan Inggris. Ketika dilatih Pep Guardiola, perannya di sebagai gelandang semakin tidak tergantikan.

Baca juga: David Silva: Saya adalah Orang yang Sangat Beruntung

Silva membawa Manchester City menjuarai Liga Primer Inggris, Piala FA dan Piala Carabao.

Setelah 10 tahun membela tim Biru Langit, ia memutuskan kembali ke Spanyol. Silva bergabung dengan Real Sociedad sejak 2020. Sayangnya, bersama La Real, ia belum mampu memberikan gelar juara.

Baca juga: David Silva Pensiun dari Sepak Bola

Di level negara, David Silva jadi salah satu pemain di generasi emas Spanyol. Bersama Xavi Hernandez, Andreas Iniesta, Cesc Fabregas, David Villa, Fernando Torres, Carles Puyol, dan Iker Casillas, mereka menguasai Eropa bahkan Dunia. Silva membantu La Furia Roja menjuarai Piala Eropa 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010.

Pada Kamis (27/7), David Silva mengumumkan pensiun dari sepak bola melalui akun instagram pribadinya. Keputusan berat itu ia ambil menyusul cedera anterior cruciate ligament (ACL) yang dialami saat menjalani latihan pramusim bersama Real Sociedad. Cedera tersebut terjadi pada kaki kiri yang merupakan kaki terkuatnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat