visitaaponce.com

Swedia Singkirkan Juara Bertahan AS

Swedia Singkirkan Juara Bertahan AS
Suppoter Swedia dalam Piala Dunia Wanita 2023(WILLIAM WEST / AFP)

SWEDIA menyingkirkan Amerika Serikat dalam drama adu penalti dengan skor 5-4 di babak 16 besar Piala Dunia Wanita 2023, Minggu (6/8). Juara bertahan yang mendominasi laga selama waktu normal harus tersingkir menyakitkan.

Meski kalah dalam penguasaan bola maupun serangan, Swedia mampu tampil disiplin dan konsisten. Situasi itu membuat semua serangan yang dibangun oleh Amerika selalu kandas. Hingga turun minum, skor kedua tim masih sama kuat 0-0.

Di babak kedua, Amerika terus menyerang lini pertahanan Swedia. Namun lagi-lagi, semuanya kandas. Skor kacamata bertahan hingga 90 menit waktu normal berakhir. Di masa perpanjangan waktu 2x15 menit, Swedia tetap disiplin dalam bertahan. Pemenang pun harus ditentukan lewat adu penalti.

Baca juga: Timnas Wanita Inggris Kesampingkan Masalah Bonus untuk Fokus di Laga Perdana

Lina Hurtig menjadi penendang penentu kemenangan Swedia berhasil menjebol gawang Alyssa Naeher. Namun, perayaan Swedia tertunda sejenak karena wasit mesti memeriksa melalui VAR. Namun, wasit menyatakan bola yang sempat ditepis Naeher itu telah melampaui garis gawang, dan dihitung masuk. Keputusan wasit pun disambut gembira dari Swedia.

"Saya pikir kami memainkan sepak bola yang indah hari ini, kami menghibur, kami menciptakan peluang, tetapi kami tidak mencetak gol. Penalti, terus terang itu menyebalkan, kejam," kata Kapten AS Lindsey Horan.

Baca juga: Jepang dan Spanyol ke Babak 16 Besar Piala Dunia Wanita 2023

Kekalahan dari Swedia membuat Amerika gagal mencetak hattrick alias juara beruntun sebanyak tiga kali. AS merupakan juara Piala Dunia Wanita empat kali, 1991, 1999, 2015 dan 2019.

Sementara Swedia akan berhadapan dengan Jepang yang telah terlebih dahulu memastikan diri lolos ke delapan besar. Laga itu bakal digelar di Eden Park, Auckland, Selandia Baru, pada Jumat (11/8). (Mal/Thetelegraph/Z-7)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat