visitaaponce.com

Lolos ke Final AFF, Pengamat Timnas Indonesia Luar Biasa

Lolos ke Final AFF, Pengamat: Timnas Indonesia Luar Biasa!
Pemain tim U-23 Indonesia melakukan latihan di Lapangan A, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta(MI/Susanto )

TURUN dengan bukan kekuatan terbaik, Tim U-23 Indonesia berhasil melaju ke final Piala AFF U-23. Garuda Muda lolos ke final usai mengalahkan tuan rumah Thailand dengan skor 3-1 di Stadion Provinsi Rayong, Kamis (24/8) malam

Walau tampil kurang begitu meyakinkan di dua laga babak penyisihan namun di semifinal tim asuhan Shin Tae-yong tampil luar biasa. Sebaliknya tuan rumah yang begitu perkasa di babak penyisihan dengan tiga kemenangan tanpa kebobolan justru takluk lewat skema permainan cepat Indonesia.

"Kemenangan ini patut disyukuri, pemain luar biasa, tampil tanpa beban, tunjukan permainan terbaiknya," kata pengamat sepak bola Akmal Marhali.

Baca juga: Taklukan Thailand, Indonesia Lolos ke Final AFF U-23

"Dua gol cepat modal awal, walau sempat dikecilkan, gol ketiga hasil bunuh diri itulah yang membunuh permainan Thailand. Tampil di kandang sendiri, dan sebelumnya kalah di SEA Games 2021 membuat mereka tampil dengan beban, tidak ada pola, mereka tak mampu tunjukan sebuah tim, bermain keras kasar akhirnya gagal membobol gawang Indonesia," lanjutnya.

Akmal menambahkan, secara hasil cukup maksimal, namun dari permainan kerjasama tim kurang begitu bagus, keuntungan gol cepat, manfaatkan situasi kritis. Kemenangan ini menjadi modal lawan Vietnam di laga puncak.

Baca juga: Kalahkan Malaysia, Vietnam Lolos ke Final Piala AFF

"Ini adalah turnamen momen untuk menunjukan jati diri bangsa, sebelum bergerak ke atas piala Asia dan Dunia, kita harus menunjukan dominasi di level Asean," ucapnya.

"Kemenangan yang diraih belum apa-apa masih ada final, sukses sebuah tim ketika dapat trofi, inilah yang akan dicatat sebagai juara. Kita pernah juara AFF 2023 U-23 dan SEA Games 2023. Satu langkah lagi kita, melawan Vietnam yang merupakan salah satu tim terkuat yang juga juara bertahan." lanjut Akmal.

Garuda Muda diminta fokus untuk laga final nanti. Ramadhan Sananta dkk diharapkan tidak banyak melakukan kesalahan melawan Vietnam.

"Berikan yang terbaik, tuntaskan di lapangan kemudian kita jadi bangsa yang tidak lagi tertinggal melangkah ke depan. Kalau juara jangan euforia berlebihan, tetap kritik terhadap Timnas agar terus berkembang," ujar Akmal. (Mal/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat