visitaaponce.com

Monaco Puncaki Ligue 1, PSG Terhenti oleh Clermont

Monaco Puncaki Ligue 1, PSG Terhenti oleh Clermont
AS Monaco FC berhasil mengalahkan Marseille 3-2 dan menduduki puncak Ligue 1.(AFP)

MONACO meraih posisi puncak klasemen Ligue 1 dengan kemenangan 3-2 atas Marseille yang dilatih Gennaro Gattuso, Sabtu, sementara Paris Saint-Germain (PSG) terhenti dalam hasil imbang 0-0 melawan Clermont.

Marseille bermain pertandingan pertama mereka sejak mantan bintang Italia, Gattuso, diangkat menjadi pelatih. Mereka berhasil memimpin dua kali di wilayah Monaco melalui gol Iliman Ndiaye dan Samuel Gigot.

Ndiaye membuka skor hanya dalam waktu 32 detik, sementara Gigot mengembalikan keunggulan Marseille di menit ke-18 setelah Maghnes Akliouche menyamakan kedudukan.

Baca juga : Lacazette Antar Lyon Ungguli Marseille 1-0 di Ligue 1

Namun, penyerang Monaco asal Amerika Serikat, Folarin Balogun, yang sebelumnya gagal mencetak dua penalti dalam kekalahan pekan lalu dari Nice, berhasil membuat skor menjadi 2-2 di pertengahan babak pertama, menciptakan awal yang luar biasa di Stade Louis II.

Balogun kemudian menciptakan gol bagi Akliouche untuk membuat Monaco unggul 3-2 tujuh menit setelah babak kedua dimulai, dan gol keduanya pada malam itu menjadi gol yang memastikan kemenangan.

Monaco mengakhiri malam itu memimpin klasemen dengan selisih satu poin dari Brest yang menjadi kejutan. Brest akan menghadapi Nice yang berada di peringkat keempat pada hari Minggu, dan pemenang pertandingan itu akan merebut posisi pertama.

Baca juga : Kalahkan Clermont, Marseille Bukukan Kemenangan Beruntun Keempat

Sementara itu, Marseille kini telah bermain tiga pertandingan tanpa kemenangan dan kebobolan 10 gol sejak pelatih sebelumnya, Marcelino Garcia Toral, mengundurkan diri. Gattuso berharap untuk meraih kemenangan pertamanya ketika Marseille menjamu Brighton & Hove Albion di Liga Europa pada hari Kamis.

Mbappe, yang baru pulih dari cedera pergelangan kaki yang memaksanya keluar di paruh pertama dalam kemenangan 4-0 melawan Marseille pekan lalu, kembali bermain untuk PSG saat mereka bersiap untuk pertandingan Liga Champions melawan Newcastle United. Meskipun PSG telah meraih kemenangan mengesankan melawan Borussia Dortmund dan Marseille dalam dua pertandingan terakhir, hasil imbang tanpa gol melawan Clermont yang sedang kesulitan menunjukkan bahwa mereka masih jauh dari performa terbaik di bawah kendali pelatih baru, Luis Enrique.

"Kami mencoba menciptakan peluang dan memenangkan pertandingan, tetapi hampir tidak mungkin mengontrol bola dengan baik karena bola selalu meloncat, terutama bagi penyerang saat mencoba mencetak gol," ujar Luis Enrique. Dia merujuk pada kondisi lapangan yang baru saja ditanami rumput di Stade Gabriel-Montpied Clermont.

Baca juga : Mbappe Tampil Cemerlang, PSG Menang 3-0; Nice Puncaki Klasemen Ligue 1

PSG hanya berhasil memenangkan tiga dari tujuh pertandingan liga pertama mereka dan berada di posisi ketiga sementara dalam klasemen, terpaut dua poin dari Monaco.

Clermont, yang sebelumnya pernah mengalahkan PSG pada pertandingan terakhir musim lalu, memasuki pertandingan ini sebagai tim juru kunci klasemen dengan hanya satu poin dari enam pertandingan sebelumnya. Hasil imbang yang tak terduga ini mengangkat mereka dari posisi terbawah klasemen, hanya berdasarkan selisih gol, menggeser Lyon, yang akan bermain pada hari Minggu.

Penjaga gawang Mory Diaw, yang sebelumnya pernah berada dalam skuad PSG saat masih muda, menjadi pahlawan Clermont dengan membuat total 10 penyelamatan, sementara Mbappe mengenai tiang gawang pada babak kedua dan mendapatkan kartu kuning karena diving di akhir pertandingan. Penjaga gawang tamu Gianluigi Donnarumma juga tampil gemilang ketika ia melakukan penyelamatan brilian di garis gawang setelah jeda untuk menahan tendangan striker Jamaika, Shamar Nicholson, sebelum melihat Yohann Magnin mengenai tiang gawang dari tendangan susulan.

Pada Jumat, Lens berhasil menang 1-0 di kandang Strasbourg berkat gol Elye Wahi saat mereka bersiap menghadapi pertemuan Liga Champions dengan Arsenal di kandang pada hari Selasa. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat