visitaaponce.com

Skuad Garuda Pantang Lengah

Skuad Garuda Pantang Lengah
Shin Tae Yong(MI /widjajadi)

TIMNAS Indonesia mulai menatap impian mengarungi putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Laga menjamu Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (12/10) malam, menjadi momentum pertama skuad Garuda.

Jika lolos dari ronde pertama, Indonesia akan masuk babak penyisihan grup ronde kedua yakni di Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina.

Pada ronde kedua, Indonesia harus finis di peringkat dua teratas untuk bisa lolos ke ronde ketiga demi semakin dekat dengan Piala Dunia 2026 yang bakal diikuti 48 tim.

Baca juga: Erick Sebut Shin Tae Yong Dikontrak Hingga Juni 2024

Pelatih Shin Tae-yong membidik kemenangan dan mewanti-wanti skuadnya agar tidak lengah. Kemenangan dengan banyak gol diincar Indonesia agar tim lebih rileks ketika melakoni laga tandang di Brunei.

Indonesia di atas kertas jauh lebih baik rekornya ketika melawan Brunei. Pada laga terakhir di Piala AFF 2022 pun Indonesia mencatatkan kemenangan besar 7-0.

Baca juga: Shin Tae Yong Beberkan Alasan Panggil Hokky Caraka dan Dzaky Asraf

"Melawan Brunei Darussalam memang lawan yang paling berat bagi kami itu adalah (tidak boleh) lengah," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers di SUGBK, Rabu (11/10).

 "Yang penting kami tidak lengah dan bekerja keras di dalam lapangan. Dengan begitu pastinya bisa menunjukkan yang terbaik," imbuh juru taktik asal Korea Selatan itu.

Kapten timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, mengatakan psikologis rekan-rekannya tetap dan tak mau meremehkan Brunei. Kerja keras wajib ditunjukkan mengingat Brunei juga punya motivasi untuk mencuri gol.

"Tidak boleh meremehkan lawan tentunya. Kami tahu kemampuan Brunei dan kami akan bekerja keras untuk memberikan yang terbaik supaya bisa menghibur masyarakat indonesia," kata Asnawi.

Shin Tae-yong memastikan dua pemain bakal absen yakni Marselino Ferdinan dan Rafael Struick. Kedua pemain masih dalam pemulihan pasca cedera dan Shin tak ingin memaksakan agar mereka bisa bugar di laga berikutnya.

"Marselino dan Rafael tidak akan masuk tim. Rafael keluar dari daftar nama 23 pemain. Memang sebelum datang ke timnas mereka sudah ada cedera dan sudah hampir sembuh.  Saya tak ingin memaksakan agar tak cedera lagi." ujar Shin.

Sementara itu, pelatih Brunei Darussalam, Mario Rivera Campesino, yakin kualitas skuadnya sudah lebih baik ketimbang pertemuan terakhir di Piala AFF. Dia sesumbar pertandingan berbeda dari sebelumnya.

"Besok adalah pertandingan berbeda dari Piala AFF sebelumnya. Saat itu para pemain kami tidak dalam kondisi terbaik. Jadi sekarang kami akan berusaha dengan lebih baik," ujarnya.

Kapten Brunei, Mohd Hendra Azam, menyebut rekan-rekannya siap meredam Indonesia. Brunei akan bermain lebih bertahan karena Indonesia akan menyerang total dan menguasai bola.

"Kami sulit mengalahkan Indonesia di pertemuan sebelumnya karena mereka bermain menyerang dan kami juga hanya bermain dengan 10 orang," ujarnya.

"Sekarang situasinya berbeda. Jadi saya optimistis kami bisa mengimbangi," tukasnya. (Dhk/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat