visitaaponce.com

Prancis, Portugal, Belgia Segel Tiket Euro 2024

Prancis, Portugal, Belgia Segel Tiket Euro 2024
Gelandang Timnas Belgia Dodi Lukebakio.(AFP/Georg Hochmuth.)

PRANCIS, Belgia, dan Portugal menjadi tiga tim pertama selain tuan rumah yang memastikan lolos ke Euro 2024 di Jerman. Ketiganya menebus tiket usai masing-masing memetik kemenangan pada kualifikasi babak grup, Sabtu (14/10).

Prancis mempertahankan catatan sempurna pada Grup B. Bertandang ke markas Belanda di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, dua gol Kylian Mbappe mengantarkan kemenangan Les Bleus 2-1. Itu menjadi gol internasional Mbappe yang ke-42. 

Dia menyalip torehan legenda Prancis Michel Platini dan kini berada di urutan keempat dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa Les Bleus. Mbappe melepaskan tendangan voli pada menit ketujuh dan kemudian menambahkan gol kedua delapan menit memasuki babak kedua dengan tendangan melengkung yang luar biasa.

Baca juga: Cristiano Ronaldo Bawa Portugal Lolos ke Piala Eropa 2024

Belanda sempat membuat gol melalui Quilindschy Hartman tetapi tak cukup menyelematkan Tim Oranye dari kekalahan. Prancis lolos sebagai pemuncak grup dengan enam kemenangan dari enam laga. "Kami tidak boleh terbawa suasana, tetapi kami harus menghargai dan tidak meremehkan. Kami mendapatkan hasil yang kami inginkan, kami mencapai tujuan kami," kata pelatih Prancis Didier Deschamps.

"Lolos dengan dua pertandingan tersisa, enam kemenangan, mencetak 13 gol dan hanya kebobolan satu kali, saya sangat bangga dengan yang telah dicapai tim ini baik dari segi semangat maupun di lapangan," imbuhnya.

Baca juga: Kalahkan Belanda, Prancis Dipastikan Lolos ke Piala Eropa 2024

Dari Grup J, Cristiano Ronaldo juga mencetak dua gol untuk membawa Portugal lolos ke Jerman tahun depan. Portugal menang 3-2 atas Slovakia.

Ronaldo mencapai 125 gol internasionalnya di laga itu dan membuat Portugal meraih tujuh kemenangan dari tujuh pertandingan. Mereka mengemas 21 poin untuk lolos meski masih menyisakan tiga laga.

Di babak pertama, Goncalo Ramos membuka skor untuk Portugal lalu Ronaldo kemudian mengonversi penaltinya. Di menit ke-69, David Hancko mencetak gol untuk memberi Slovakia harapan tetapi tak lama kemudian Ronaldo memperlebar keunggulan 3-1 memanfaatkan umpan silang Bruno Fernandes.

Gol tendangan jarak jauh Stanislav Lobotka sepuluh menit jelang waktu normal habis membuat Slovakia kembali berharap. Namun keunggulan untuk Portugal bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. 

"Cristiano Ronaldo bersenang-senang, bermain banyak menit, dan mencetak banyak gol untuk klubnya," kata pelatih Portugal Roberto Martinez. "Dia punya banyak pengalaman bersama tim nasional dan dia menjadi referensi bagi para pemain muda," imbuhnya.

Di Grup F, Belgia mencuri kemenangan 3-2 atas Austria. Belgia yang sejauh ini juga tidak terkalahkan memastikan lolos dari kualifikasi meski sempat bermain dengan 10 orang. 

Dodi Lukebakio mencetak dua gol dan kapten Romelu Lukaku menyumbangkan satu gol untuk mengantarkan kemenangan Belgia. Di babak kedua, gol Konrad Laimer dan penalti Marcel Sabitzer mengejar ketertinggalan tetapi tak cukup. Belgia bermain dengan 10 pemain ketika Amadou Onana mendapat kartu kuning kedua di menit ke-78. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat