visitaaponce.com

Buka Laga Piala Dunia U-17, Kanada Lawan Spanyol Saling Sesumbar

Buka Laga Piala Dunia U-17, Kanada Lawan Spanyol Saling Sesumbar 
Penjaga Gawang Timnas Spanyol U-17 Raul Gimenez menendang bola saat mengikuti latihan di Lapangan Sriwaru, Solo, Jawa Tengah, Rabu (8/11).(Antara)

DUEL Timnas Kanada U-17 melawan Spanyol U-17 pada laga perdana Grup B di Stadion Manahan, Solo, Jumat (10/11) sore, diperkirakan bakal menghadirkan banyak kejutan. Keduanya merupakan para talenta muda tangguh yang sudah berulang kali terlibat dalam putaran final Piala Dunia U-17.

Pelatih Timnas Kanada U-17, Andrew Olivieri, mengaku sangat tertantang untuk mengejutkan Spanyol.

"Ya, pertandingan pertama pasti selalu penting. Ini jadi momentum yang krusial untuk menentukan langkah-langkah berikutnya," kata Olivieri di pinggir Lapangan Sriwaru, Laweyan, Kamis (9/11).

Baca juga : Timnas Kanada Latihan Tertutup, Uzbekistan Berharap Cetak Sejarah Baru   

Hal sama ditegaskan oleh juru taktik tim talenta muda Negeri Matador, Julen Guerrero yang akan mencoba meredam kecepatan permainan Timnas U-17 Kanada. 

"Mereka tim bagus yang mempunyai kecepatan. Kita akan berusaha mengimbangi untuk menang," tukas dia sebelum anak anak asuhnya menjalani latihan ke empat di Lapangan Banyuanyar, Banjarsari.

Menurut kedua pelatih tersebut,  di pertandingan pertama, siapa pun lawannya akan selalu menghadirkan tantangan tersendiri. Pasalnya, ini menjadi momentum yang akan memengaruhi perjalanan berikutnya dari kedua tim.

Baca juga : Solo Siapkan 10 Bus untuk Penonton Piala Dunia U-17. Segini Tarifnya  

Olievieri, pelatih berusia 52 tahun itu mengatakan alih-alih merasa gentar, duel melawan tim besar seperti Spanyol justru membuat para pemainnya merasa termotivasi. Mereka justru memiliki keinginan kuat untuk memberikan perlawanan.

"Saya pikir, menghadapi tim yang bagus pada pertandingan pertama bisa membuat para pemain lebih termotivasi. Apalagi, ini adalah ajang sekelas Piala Dunia dan pemain muda kami harus baru pertama kali mengikuti," ujarnya.

Dia tegaskan, timnya tak menyiapkan antisipasi khusus terhadap pemain tertentu. Pasalnya, Timnas Spanyol U-17 memiliki banyak pemain yang berkualitas, sehingga semuanya patut diwaspadai.

Baca juga : U-17 Matador Muda Spanyol Tatap Babak 16 Besar Senin, 20 November 2023

"Menurut saya, ada beberapa pemain berkualitas di timnas Spanyol U-17 dan saya pikir saya tidak perlu menyebutkan namanya satu per satu kualitas setiap pemainnya," katanya.

Juru taktik kelahiran 27 Mei 1981 itu memastikan timnya memiliki ambisi yang besar untuk mengejutkan Spanyol. Mereka siap memberikan perlawanan sengit pada pertemuan nanti.

"Dan seperti yang saya katakan tadi, hal ini membuat kami semakin jelas tentang apa yang harus dilakukan pada pertandingan nanti. Kami tahu bahwa fokus penuh bakal menjadi krusial agar bisa menyaingi mereka," kata dia lagi.

Baca juga : U-17 Uzbekistan Tahan Spanyol 2-2 pada Laga Penentu Grup B di Solo

 

Rekam jejak Kanada Vs Spanyol

 

Baca juga : Spanyol U-17 Ganyang Kanada 2-0 di Laga Penyisihan Grup B Piala Dunia U-17

Latihan Timnas U-17 Kanada di Stadion Manahan, Solo, Kamis (9/11). (MI/Widjajadi)

 

Timnas Kanada U-17 tercatat sudah tampil di Piala Dunia U-17 pada edisi 1987, 1989, 1993, 1995, 2011, 2013, dan 2019. Sayangnya, dari tujuh penampilan tersebut, Kanada tak pernah sekalipun meraih trofi juara.   

Baca juga : Ribuan Personel Polri dan TNI Amankan Piala Dunia U-17 di Solo

Dari tujuh keikutsertaan tersebut, langkah Timnas Kanada U-17 selalu terhenti pada fase grup. Pada edisi terakhir atau Piala Dunia U-17 2019, Kanada berada didasar Grup A dengan nilai nol setelah menelan tiga kekalahan beruntun.

Sementara itu    timnas Spanyol U-17 cukup sering tampil di putaran final Piala Dunia U-17. Skuad muda La Roja sudah 11 kali melakukan itu, dan rekam jejaknya adalah empat kali melaju ke babak final, edisi Piala Dunia U-17, 1991, 2003, 2007, dan 2017.

Pelatih Julen Guerrero siap membawa anak anak asuhnya lolos dari babak penyisihan Grup B Piala Dunia yang digelar di Stadion Manahan mulai 10 November. Selain Kanada dan Spanyol, Grup di Solo ini diisi oleh dua tim kuat Mali dan Uzbekistan. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat