visitaaponce.com

Anies Tanda Tangan Kontrak Politik Pembangunan Stadion dengan Suporter PSM

Anies Tanda Tangan Kontrak Politik Pembangunan Stadion dengan Suporter PSM
Anies Baswedan tandatangani kontrak politik dengan suporter PSM Makasar(MI/Lina Herlina)

ANIES Rasyid Baswedan, Capres yang diusung Koalisi Perubahan dari Partai NasDem, PKS, PKB dan Patai Umat, Sabtu (18/11) menandatangani kontrak politik dengan suporter Persatuan Sepakbola Makassar (PSM) Makassar. Stadion sepakbola yang telah dirobohkan dan mangkrak itu dibangun di era Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

Dalam kegiatan yang dihelat dengan nama 'Supporter Menggugat Komitmen Capres Membangun Stadion di Makassar', digaungkan para supporter PSM Makassar. Ini dilakukan karena Stadion Mattoanging, yang menjadi kandang tim kebanggan masyarakat Sulsel itu kini tidak berbentuk, dan masih terkait masalah hukum.

Perwakilan Suporter PSM dari Laskar Ayam Jantan Daeng Uki bahkan mengaku miris, tim yang menjuarai kasta tertinggi Liga di Indonensia malah tidak punya stadion. "Kami hadir di sini tidak mewakili komunitas, tapi sebagai pendukung dan pecinta PSM," akunya.

Bava juga: Anies Baswedan Sampaikan Aparat Negara Harus Netral Demi Kepercayaan Publik

"Miris, tim yang kami cintai, kami bela, tinggal nyawa yang tidak kami serahkan, tapi tidak punya stadion. Dan baru Pak Anies yang menjanjikkan pembangunan stadion jika terpilih, dan ini akan jadi sejara," sambung Daeng Uki.

Pada lawatan ke Makassar sebelumnya, Anies berjanji akan membangun kembali stadion, yang dibisa dimanfaatkan semua kalangan. "Saya pernah sampaikan saat ke Makassar dulu, bahwa salah satu hal yang kita ingin bangun di Makassar dan provisnsi-provinsi lain, yaitu stadion olah raga berstandar Fifa," ungkap Anies, yang menyebut situasi tanpa stadion di Makassar sama halnya, pernah terjadi di Jakarta sebelum ada JIS.

Baca juga: Anies Kobarkan Semangat Perjuangan Kemerdekaan Palestina di Acara Ijtima Ulama

Salah satu daerah yang dipilih untuk membangun stadion berstandar internasional itu adalah Makassar, karena menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, masyarakat Sulsel sangat membutuhnkannya. "Stadion itu mempersatukan, membuat yang berbeda latar belakang bisa duduk bersama di stadion, merasakan kebersamaan. Sehingga stadion itu memang penting adanya," seru Anies.

Stadion yang ada juga lanjutnya, bisa dimanfaatkan oleh semua unsur masyarakat, termasuk penyandang disabilitas. baik mereka yang menggunakan kursi roda, atau alat bantu fisik lainnya, bisa memanfatkan stadion yang ada. "Stadion yang berstandar internasional itu, tentu bisa digunakan untuk kegiatan sosial, kegiatan budaya, keagamaan, selain kegiatan olah raga," lanjut Anies.

Pada kesempatan itu, dia juga menunjukkan maket stadion yang akaan dibangun, dan diberi nama Mattoanging Internationall Stadium, dengan kapasitas 40 ribu penonton di lokasii stadion yang lama, Jalan Cendrawasih, Makassar. "Bentuk stadion terisnpirasi dari model kapal pinisi dan baju bodo, baju adat Bugis-Makassar. Semua terinspirasi dengan kearifan lokal," pungkas mantan Gubernur DKI Jakarta ini. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat