visitaaponce.com

Kantor FIFA di Indonesia sebagai Pusat Transformasi Sepak Bola di Asia Tenggara dan Asia Timur

Kantor FIFA di Indonesia sebagai Pusat Transformasi Sepak Bola di Asia Tenggara dan Asia Timur
Presiden FIFA Gianni Infantino (kiri) dan Presiden Joko Widodo saat peresmian Kantor FIFA di Jakarta, Jumat (10/11).(Setpres )

SETELAH meresmikan kantornya di Jakarta pada 10 November lalu, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) menunjukkan dedikasi untuk mendorong transformasi sepak bola di Indonesia dan wilayah Asia Tenggara dan Asia Timur. Inisiatif itu dilakukan melalui nota kesepakatan Memorandum of Understanding (MoU) dengan ASEAN dalam bentuk Renewal Consultation Workshop pada 15 November 2023, dan FIFA Financial Governance Workshop pada 16-17 November 2023.

Workshop ini melibatkan Sekretaris Jenderal dan Kementerian Pemuda dan Olahraga dari negara-negara di Asia Tenggara. Dalam rilis yang diterima Media Indonesia disebutkan diskusi itu mencakup peran dan tanggung jawab, Program FIFA Football 4 School (F4S) dan perlindungan dan keamanan stadion. Harapannya, nota kesepahaman ini akan diperbarui pada KTT ASEAN berikutnya di akhir 2024.

'Saya ingin menyampaikan apresiasi saya kepada FIFA dan ASEAN atas upaya luar biasa dalam menyelenggarakan acara penting ini. Kolaborasi antara organisasi ini mencerminkan visi bersama untuk pertumbuhan dan pengembangan sepak bola, bukan hanya sebagai olahraga tetapi juga sebagai pendorong kerjasama regional,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) DIto Ariotedjo.

Baca juga: Masuk Grup Neraka U-17, Kaledonia Baru Justru Bangga

FIFA Director Member Associations Asia & Oceania Sanjeevan Balasingam mengatakan tujuan langkah-langkah tersebut adalah menciptakan sinergi yang lebih besar antara para pemangku kepentingan sepak bola

"MoU yang diperbarui lebih berorientasi pada kebutuhan nyata sehingga diharapkan memiliki dampak yang lebih besar terhadap sepak bola dalam komunitas ASEAN.” katanya.

Baca juga: Timnas Indonesia Tetap di Surabaya, Tunggu Hasil Grup E dan F

Ketua Umum PSSI Erick Thohir, memberikan pujian kepada FIFA atas inisiatif cepatnya yang ditujukan untuk meningkatkan standar tata kelola sepak bola di Asia, khususnya di Indonesia. Erick memastikan bahwa ke depannya akan ada peningkatan kolaborasi antara FIFA, PSSI, dan pemerintah Indonesia, dengan satu tujuan yaitu transformasi sepakbola di Indonesia.

Untuk merayakan inisiatif-inisiatif ini, PSSI menyelenggarakan Welcoming Dinner pada 16 November 2023, di Sarinah SkyDeck, Jakarta. Acara ini menampilkan Tarian Saman, pidato sambutan oleh anggota Komite Eksekutif PSSI Vivin Cahyani dan Sanjeevan Balasingam (Direktur Asia dan Oseania), penampilan musik oleh Andien Aisyah, dan pertunjukan khusus oleh Angklung Mang Udjo, disertai dengan hidangan tradisional Indonesia.

FIFA terus berkomitmen untuk mendorong perubahan positif di komunitas sepak bola di seluruh dunia dan berharap dapat terus berkolaborasi dengan mitra-mitra di Asia Tenggara. (Mal/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat