visitaaponce.com

Haaland Cetak Gol ke-40 di Liga Champions, City Bangkit untuk Kalahkan Leipzig

Haaland Cetak Gol ke-40 di Liga Champions, City Bangkit untuk Kalahkan Leipzig
Penyerang Manchester City Erling Haaland melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang RB Leipzig di laga Liga Champions.(AFP/Paul ELLIS)

ERLING Haaland menjadi pemain tercepat yang mencetak 40 gol di Liga Champions saat Manchester City bangkit dari ketertinggalan 2-0 untuk menang 3-2 atas RB Leipzig, Rabu (29/11) dini hari WIB.

Juara bertahan itu tampaknya akan menderita kekalahan pertama di kompetisi Eropa di Stadion Etihad sejak 2018 ketika Lois Openda memanfaatkan kesalahan di lini belakang City untuk mencetak dua gol di babak pertama.

Haaland kemudian memperkecil ketertinggalan Manchester City sebelum Phil Foden dan Julian Alvarez menjebol gawang Leipzig untuk memastikan City mengamankan posisi juara Grup G.

Baca juga: Tekuk Feyenoord, Atletico Melaju ke 16 Besar Liga Champions

"Penampilan kami di babak pertama adalah yang terburuk yang pernah saya lihat," aku Foden.

"Kami bangkit di babak kedua dan mengubah jalannya pertandingan. Tim ini memiliki mentalitas yang sangat hebat," lanjutnya.

Manchester City telah memenangkan 27 dari 29 laga kandang mereka di Liga Champions sejak terakhir kali menderita kekalahan.

Baca juga: Sempat Tertinggal, Barcelona Kalahkan Porto

Leipzig merupakan salah satu korban Manchester City di Stadion Etihad dengan laga terakhir mereka di kandang the Citizen berakhir dengan kekalahan telak 7-0.

Namun, Pep Gurdiola meninggalkan lapangan dengan menggelengkan kepala setelah penampilan buruk City di babak pertama.

City tampil dominan dalam pengusaan bola namun dua momen teledor dari Manuel Akanji dan Ruben Dias membuat gawang klub Liga Primer Inggris itu kebobolan.

Openda mengecoh Akanji untuk menerima bola lambung dari kiper Leipzig Janis Blaswich untuk menjebol gawang City yang dikawal Stefan Ortega.

Saat City memburu gol penyama kedudukan, bola lambung kembali mengejutkan anak-anak asuhan Guardiola saat Openda berhasil melewati Dias dan mencetak golnya yang ke-13 pada musim ini.

"Kami melakukan banyak kesalahan di lini belakang. Kami harus menang saat berduel," ujar Guardiola.

"Namun, kami bereaksi baik di babak kedua. Kami memuncaki klasemen grup dan kami puas dengan itu," lanjutnya.

Guardiola menggantikan Dias dengan Nathan Ake di babak kedua.

Dia kemudian memasukkan Jeremy Doku dan Alvarez sebelum City akhirnya berhasil memulai comeback mereka.

Alvarez terlibat di gol pertama City setelah dia memberikan umpan kepada Foden yang memberikan assist kepada Haaland yang mencetak golnya yang ke-40 di Liga Champions hanya dalam 35 laga pada menit 54.

Foden kemudian menyamakan kedudukan setelah memanfaatkan umpan Josep Gvardiol saat laga menyisakan 20 menit.

Leipzig sebenarnya berhasil kembali unggul setelah pemain pinjaman dari Liverpool Fabio Carvalho menjebol gawang City namun gol itu dianulir karena offside.

City kemudian memastikan meraih kemenangan ketika Doku memberi umpan kepada Foden yang melepaskan assist kepada Alvarrez, yang mencetak gol keempatnya di Liga Champions dalam empat penampilan.

Skor 3-2 untuk kemenangan City atas Leipzig bertahan hingga laga usai.

Meski kalah, Leipzig juga telah memastikan meraih tiket ke babak 16 besar Liga Champions. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat