visitaaponce.com

Alex Berenguer Bawa Athletic Bilbao Menang di Derby Basque Melawan Real Sociedad

Alex Berenguer Bawa Athletic Bilbao Menang di Derby Basque Melawan Real Sociedad
Dua gol dari Alex Berenguer, Athletic Bilbao berhasil meraih kemenangan 2-1 dalam derby Basque melawan Real Sociedad. (AFP)

DUA gol dari Alex Berenguer membawa Athletic Bilbao meraih kemenangan 2-1 dalam derby Basque melawan Real Sociedad. Pemain depan Spanyol berusia 28 tahun ini, mengisi kekosongan yang ditinggalkan kepergian Inaki Williams untuk Afrika Cup of Nations bersama Ghana, memberikan dampak yang sangat positif saat Athletic melampaui juara La Liga, Barcelona, berdasarkan selisih gol.

Real Sociedad berhasil mencetak satu gol balasan melalui Mikel Oyarzabal di penghujung pertandingan, namun tidak mampu menyamakan kedudukan di San Mames yang penuh semangat. Athletic berharap dapat finis di empat besar untuk lolos ke Liga Champions musim depan.

"Masih panjang perjalanan ini, tetapi kami berada di sana, meskipun kami melihat apa yang terjadi musim lalu (Athletic finis kedelapan), jadi kita harus tetap tenang," kata pelatih mereka, Ernesto Valverde.

Baca juga: Ancelotti tidak Suka Jalani Derby Madrid Tiga Kali dalam Tempo Kurang dari Sebulan

Athletic unggul 1-0 pada menit ke-30 ketika Yuri Berchiche menyodok di sepanjang sisi kiri dan mengirimkan umpan ke kotak penalti untuk Berenguer yang dengan senang hati mencetak gol.

Berenguer mencetak gol keduanya sebelum babak pertama berakhir, ketika bola membenturinya di kotak penalti dan menyonteknya ke sudut bawah untuk gol keempatnya musim ini.

Baca juga: Final Piala Super Spanyol Bakal Jadi Laga Adu Gengsi Barcelona dan Madrid

"Musim ini saya tidak bermain begitu banyak, saya harus memanfaatkan peluang yang saya dapat, seperti hari ini," kata Berenguer.

Real Sociedad hampir tidak memberikan ancaman serius bagi kiper Athletic, Unai Simon, di paruh pertama dan tuan rumah kembali menutup mereka setelah istirahat.

Akhirnya, Oyarzabal melakukan penyelamatan di menit akhir untuk membawa La Real kembali ke permainan dan membuat Athletic bersusah payah melewati enam menit waktu tambahan.

Tim Valverde kini terpaut tujuh poin dari pemuncak klasemen Real Madrid dan Girona, yang berada di posisi kedua. Real Madrid dan Girona akan menghadapi Almeria yang belum meraih kemenangan pada hari Minggu dengan tujuan menjadi pemimpin tunggal.

Real Sociedad, yang berada di posisi keenam, kini tertinggal sembilan poin dari empat besar. "Pada pertandingan ini, kami tidak terlibat dalam pertarungan dengan agresi yang tepat," kata gelandang Real Sociedad, Mikel Merino, kepada DAZN.

"Ini kekalahan yang sulit hari ini, kami tahu bahwa poin-poin ini penting, tetapi tidak menentukan, masih panjang perjalanan La Liga."

Perebutan Eropa

Gelandang Real Betis, Isco, mencetak gol dengan 14 menit tersisa untuk membawa timnya meraih kemenangan 1-0 atas Granada yang berada di posisi rendah, sehingga kembali menduduki peringkat ketujuh, di atas Las Palmas yang sebelumnya mengalahkan Villarreal 3-0.

Kirian Rodriguez mencetak dua gol saat Las Palmas melanjutkan kampanye impresif mereka dengan kemenangan meyakinkan atas Villarreal yang kesulitan. Las Palmas naik ke posisi delapan secara sementara dengan kemenangan yang nyaman di Gran Canaria, memberi mereka keyakinan bahwa mereka bisa bersaing untuk sepakbola Eropa.

Villarreal, yang dieliminasi dari Copa del Rey pada hari Senin oleh Salamanca yang berkompetisi di tingkat ketiga, terpuruk di posisi ke-14, unggul empat poin dari zona degradasi.

Kirian mencetak gol di awal pertandingan dan Juanma Herzog menggandakan keunggulan Las Palmas di awal babak kedua dengan sundulan dari sepak pojok.

Las Palmas memastikan kemenangan ketika Kirian mencetak gol keduanya setelah satu jam bermain, membantu tim mereka pulih dari kekalahan di Copa del Rey melawan rival lokal, Tenerife, dan mengakhiri rentetan empat pertandingan tanpa kemenangan.

Villarreal hanya meraih satu kemenangan dalam enam pertandingan terakhir mereka dan belum menemukan performa terbaik di bawah arahan pelatih Marcelino yang diangkat pada bulan November. Real Mallorca berhasil comeback untuk meraih hasil imbang 1-1 melawan Celta Vigo. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat