visitaaponce.com

Barcelona vs Valencia, Hattrick Robert Lewandowski Pastikan Kemenangan Blaugrana

Barcelona vs Valencia, Hattrick Robert Lewandowski Pastikan Kemenangan Blaugrana
Penyerang Barcelona Robert Lewandowski melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Valencia di laga La Liga.(AFP/LLUIS GENE)

ROBERT Lewandowski mencetak hattrick di babak kedua saat Barcelona menang 4-2 atas Valencia yang bermain dengan 10 pemain di laga lanjutan La Liga, Selasa (30/4) dini hari WIB.

Kemenangan Barcelona itu menunda pesta juara Real Madrid, yang akan berhadapan dengan Cadiz, Sabtu (4/5).

Saat ini, Los Blancos unggul 11 poin atas Barcelona saat La Liga tinggal menyisakan lima laga lagi.

Baca juga : Barcelona Jaga Asa Juarai La Liga dan Liga Champions

Fermin Lopez membawa Barcelona memimpin pada menit 22 sebelum Hugo Duro menyamakan kedudukan pada menit 27 dan Pepelu membawa Valencia berbalik memimpin dari tendangan penalti pada menit 38.

Penjaga gawang Valencia Giorgi Mamardashvili diusir wasit di akhir babak pertama karena melakukan handball.

Lewandowski kemudian menyamakan kedudukan di menit kelima babak kedua sebelum menambahkan dua gol lagi, pada menit 82 dan 90+3.

Baca juga : Atletico Madrid vs Barcelona: Menang 3-0, Blaugrana Geser Girona dari Peringkat 2

Hujan lebat melanda Barcelona sepanjang hari sehingga menyebabkan Stadion Olimpiade setengah kosong dengan hanya 30 ribu pendukung hadir menyaksikan laga antara El Barca dan Valencia.

Jumlah pendukung yang minim itu kemungkinan terjadi setelah Barcelona kalah dari Real Madrid di laga El Clasico, akhir pekan lalu, yang membuat Los Blancos hampir dipastikan menjadi juara La Liga.

Mereka yang hadir di stadion mendapatkan tontonan yang menarik setelah pelatih Barcelona Xavi Hernandez meraih kemenangan di laga pertama usai dia berubah pikiran dan memutuskan untuk bertahan pada musim depan.

Baca juga : Barcelona Disarankan Jual Pemain Bintang untuk Kurangi Beban Keuangan

"Saya rasa para pemain saya bermain apik. Kami kurang tenang namun saya puas dengan penampilan mereka," ujar Xavi.

Valencia, yang berada di peringkat delapan klasemen La Liga dan berusaha meraih tiket ke kompetisi Eropa, membuat peluang di awal-awal laga.

Sontekan Duro dari jarak dekat masih bisa ditahan Marc-Andre ter Stegen.

Baca juga : Barcelona Susah Payah Raih Kemenangan atas Celta Vigo

Pemain pinjaman dari Real Madrid Peter Federico kemudian melepaskan tendangan yang masih melebar dari gawang Barcelona.

Namun, Barcelona yang mencetak gol lebih dulu setelah Lopez menyundul umpan silang Raphinha.

Valencia dengan segera menyamakan kedudukan setelah kesalahan Ter Stegen yang keluar dari wilayahnya untuk mengantisipias bola panjang.

Dia berhasil menyambut bola namun bola lepas dan mengenai kepala Duro yang mengendalikan bola dan menceploskan bola ke gawang Barcelona.

Kondisi semakin buruk bagi Barcelona, dengan Araujo melakukan pelanggaran terhadap Federico di kotak terlarang sehingga wasit memberikan hadiah penalti. Pepelu melepaskan tendangan tepat ke tengah gawang ter Stegen untuk membawa Los Che memimpin.

Sebelum jeda, kiper Valencia melakukan kesalahan fatal. Mamardashvili salah mengendalikan bola di tepi kotak penalti sehingga bisa direbut oleh Lamine Yamal.

Saat pemain remaja itu berusaha melewati kiper Valencia itu, dia memegang bola dengan tangannya di luar kotak penalti. Setelah melihat rekaman VAR, wasit memutuskan memberikan kartu merah bagi kiper Georgia itu.

Penjaga gawang pengganti Jaume Domenech sukses menahan tendangan bebas Raphinha namun tidak bisa mencegah Barcelona menyamakan kedudukan, di awal babak kedua.

Lewandowski mencetak gol dari sundulan memanfaatkan tendangan bebas untuk mengawali comeback Barcelona.

Domenech kemudian tampil brilian dengan menahan sundulan Araujo sebelum pemain pengganti Barcelona Pedri menahan upaya Diego Lopez.

Lewandowski akhirnya membawa Barcelona kembali memimpin dari jarak dekat ketika sundulan Araujo memanfaatkan sepak pojok jatuh di jalurnya.

Penyerang Polandia itu kemudian memastikan diri mencetak hattrick lewat tendangan bebas. itu merupakan gol ke-16 Lewandowski pada musim ini.

Skor 4-2 untuk kemenangan Barcelona atas Valencia bertahan hingga laga usai. 

Susunan pemain Barcelona vs Valencia

Barcelona:

Ter Stegen, Kounde, Araujo, Cubarsi, Cancelo; Guendogan, Christensen, Lopez; Yamal, Lewandowski, Raphinha.  

Valencia: 

Mamardaashvili; Correia, Mosquera, Gasibrowski, Vasquez; Peter Gonzalez, Guerra, Pepelu, Diego Lopez; Andre Almeida, Hugo Duro. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat