visitaaponce.com

AFC Dukung Usulan Palestina agar FIFA Hukum Israel

AFC Dukung Usulan Palestina agar FIFA Hukum Israel
Presiden FIFA Gianni Infantino (kiri) berbincang dengan Presiden AFC Sheikh Salman bin Ibrahim al-Khalifa (kanan).(Dok. AFP)

KONFEDERASI Sepak Bola Asia AFC memberikan dukungan penuh atas usulan Palestina agar FIFA memberi hukuman kepada Israel atas perang yang terjadi di Jalur Gaza. Sokongan tersebut diberikan AFC dalam Kongres AFC ke-34 di Bangkok, Thailand, Kamis (16/5).

Dukungan itu akan disampaikan pada Kongres FIFA ke-74 yang juga digelar di Bangkok, Jumat (17/5).

Presiden AFC Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa menyatakan dukungannya terhadap mosi asosiasi sepak bola Palestina (PFA) agar FIFA menerapkan sanksi kepada asosiasi sepak bola Israel.

Baca juga : AS dan Sekutunya Siapkan Sanksi Berat kepada Iran

Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa menegaskan kembali komitmennya yang teguh terhadap PFA. Kongres AFC yang beranggotakan 47 asosiasi sepenuhnya mendukung usulan PFA untuk mencari penyelesaian yang cepat dan efektif terhadap pelanggaran. Pasalnya, sudah banyak nyawa tak berdosa melayang dalam perang yang sedang berlangsung di Gaza.

“AFC sekuat anggotanya dan ketika ada yang menderita, semua anggota lainnya juga terkena dampaknya. AFC berdiri bersama dengan FA Palestina dan kami bergabung dengan mereka dalam mencari solusi efektif terkait sepak bola terhadap keluhan yang diajukan oleh FA Palestina dalam proposal mereka," kata Sheikh Salman dikutip dari laman AFC

“Kami, sebagai komunitas sepak bola dan sebagai badan pengelola olahraga paling populer di dunia, memiliki komitmen hukum untuk menegakkan tujuan FIFA dan AFC dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mencegah pelanggaran terhadap undang-undang dan peraturan FIFA dan AFC," imbuhnya.

Baca juga : Uni Eropa Hukum Pemukim Israel, Negeri Zionis tidak Terima

Shaikh Salman menekankan komitmen AFC untuk berdiri dalam solidaritas dan persatuan dengan PFA. Pasalnya, begitu banyak nyawa tak berdosa yang hilang karena tragedi kemanusiaan yang sedang berlangsung di Palestina telah merenggut nyawa lebih dari 45.000 orang

Menurut otoritas kesehatan Palestina, jumlah korban termasuk 180 pemain sepak bola. Semua infrastruktur sepak bola di Gaza juga hancur.

"Sekarang, lebih dari sebelumnya, kami memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa permainan indah kami terus membawa kegembiraan bagi mereka yang paling membutuhkannya dan kami percaya bahwa FIFA akan menunjukkan kepemimpinan yang diperlukan selama masa-masa sulit dari tragedi kemanusiaan yang sangat besar ini," tukasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat