visitaaponce.com

FIFA Tunda Keputusan soal Sanksi terhadap Israel

FIFA Tunda Keputusan soal Sanksi terhadap Israel
Presiden FIFA Gianni Infantino(AFP)

FIFA menunda keputusan atas permintaan Palestina agar federasi sepak bola dunia itu menghukum Israel. Keputusan tersebut diambil FIFA dalam kongres tahunan yang berlangsung di Bangkok, Thailand, Jumat (17/5).

Presiden FIFA Gianni Infantino membentuk tim hukum yang akan memberi rekomendasi terkait tuntutan agar Israel segera di-skorsing dari sepak bola internasional. Keputusan akan diumumkan pada 25 Juli mendatang.

"Mulai sekarang (FIFA) akan memberikan mandat kepada ahli hukum independen untuk menganalisis tiga permintaan (dari PFA) dan memastikan statuta FIFA diterapkan dengan cara yang benar," jata Gianni dilansir Aljazeera.

Baca juga : AFC Dukung Usulan Palestina agar FIFA Hukum Israel

Permintaan sanksi untuk Israel diinisiasi asosiasi sepak bola Palestina (PFA). Asosiasi sepak bola Israel (IFA) dinilai PFA melanggar statuta FIFA terkait perang di Gaza.

Perang tersebut tak hanya menewaskan puluhan ribu orang tapi juga berdampak bagi sepak bola. Menurut laporan, ada sekitar 180 pesepak bola di Palestina turut menjadi korban jiwa. PFA menyatakan FIFA tak boleh lagi mengacuhkan kejadian kemanusiaan di Gaza.

FIFA dinilai tak cepat tanggap dalam kasus Israel. Hal itu dilihat berbeda ketika FIFA memutuskan hukuman terhadap Rusia yang menginvasi Ukraina.

Baca juga : Selain Netanyahu, Joe Biden Juga Perlu Ditekan untuk Hentikan Serangan ke Palestina

“Saya meminta Anda (anggota FIFA) untuk berdiri di sisi yang benar. Jika tidak sekarang, kapan lagi?” kata Presiden PFA Jibril Rajoub yang berbicara di hadapan 211 asosiasi anggota FIFA.

"Rakyat Palestina, termasuk keluarga sepak bola Palestina, sedang mengalami bencana kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya," imbuhnya.

Sementara itu, pihak IFA menyebut permintaan skorsing untuk Israel sebagai hal yang sinis.

Baca juga : Demonstrasi Mahasiswa Pro-Palestina Guncang Kampus Sciences Po di Paris

Presiden konfederasi sepak bola Asia (AFC) Sheikh Salman bin Ibrahim Al Khalifa sebelumnya menyuarakan dukungan terhadap mosi Palestina.

PFA sejatinya menyerukan pemungutan suara di kongres demi menskorsing Israel. Namun, Gianni Infantino mengatakan Dewan FIFA lah yang harus mengambil keputusan setelah meminta penilaian hukum independen.

"Karena situasi yang mendesak, Dewan Luar Biasa FIFA akan dibentuk dan (pertemuan akan) berlangsung sebelum 20 Juli untuk meninjau hasil penilaian hukum dan mengambil keputusan yang tepat. Saya percaya Anda, para Kongres, dapat mendukung proses ini," kata Gianni. (Dhk/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat