visitaaponce.com

Gareth Southgate Belajar Bahasa Jerman untuk Berlaga di Euro 2024

Gareth Southgate Belajar Bahasa Jerman untuk Berlaga di Euro 2024
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.(AFP)

PELATIH timnas Inggris Gareth Southgate memanfaatkan Piala Eropa 2024 di Jerman untuk meningkatkan kemampuan bahasanya. Pelatih berusia 53 tahun itu telah belajar bahasa Jerman selama berbulan-bulan menggunakan aplikasi pembelajaran bahasa 'Duolingo' untuk meningkatkan kosa kata.

"Saya belajar sedikit bahasa Prancis dan Spanyol di sekolah. Tapi tidak pernah bahasa Jerman. Saya akan malu jika saya tidak bisa menyapa staf di hotel kami dengan baik di pagi hari selama turnamen," kata Southgate kepada surat kabar tuan rumah, Bild

“Tentu saja kebanyakan orang berbicara bahasa Inggris, kami dimanjakan dalam hal itu. Tapi terkadang kita bisa menjadi sombong dan setidaknya saya ingin mencobanya," lanjutnya. 

Baca juga : Harry Kane Siap Pecahkan Rekor Gol di Timnas Inggris

Ide belajar bahasa Jerman muncul ketika Southgate dan anggota staf pelatih mengunjungi kamp latihan di Blankenhain (resor golf Weimarer Land) menjelang Piala Eropa beberapa waktu lalu. 

“Kami sedang makan malam dan pelayan datang dan yang bisa saya katakan hanyalah, 'Permisi.' Kemudian kami berdiskusi di meja dan saya berkata bahwa saya tidak tahu bahasa Jerman. Seseorang merekomendasikan saya mencoba 'Duolingo'. Sejak itu, saya mencoba belajar sedikit setiap hari

Cara itu berjalan cukup baik. Ketika timnas Inggris tiba di kamp pelatihan di Thuringia, Southgate segera menemui petugas hotel dan berkata dalam bahasa Jerman: “Guten Tag! (selamat siang)."

Baca juga : EURO 2024: John Stones Kembali Berlatih Bersama Skuad Timnas Inggris

"Saya tidak yakin seberapa jauh saya bisa melangkah dan apakah saya bisa memberikan konferensi pers dalam bahasa Jerman," kata dia sembari tertawa. 

Mungkin saja itu tidak terjadi. Tetapi Southgate akan melakukan segalanya untuk bisa mengucapkan kalimat dalam bahasa Jerman setelah final Kejuaraan Eropa di Berlin: Wir sind Europameister! (Kami adalah juara Eropa!)"

Inggris belum pernah juara Piala Eropa. Mereka kini membidik gelar tersebut untuk pertama kalinya di tahun ini.

Three Lions berada di Grup C bersama dengan Serbia, Slovenia dan Denmark. Pada laga perdana, Inggris akan melawan Serbia pada 17 Juni mendatang. (Mirror/Bild)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat