visitaaponce.com

Gol Spektakuler Arda Guler Warnai Kemenangan Turki Atas Georgia di Euro 2024

Gol Spektakuler Arda Guler Warnai Kemenangan Turki Atas Georgia di Euro 2024
Penyerang Turki Arda Guler (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Georgia di laga Euro 2024.(AFP/OZAN KOSE)

ARDA Guler mencetak gol spektakuler saat membantu timnas Turki menang 3-1 atas timnas Georgia di laga pembukaan Grup F Euro 2024 di Signal Iduna Park, Dortmund, Selasa (18/6) malam WIB.

Turki membuka keunggulan berkat gol Mert Muldur sebelum Georges Mikautadze menyamakan kedudukan untuk Georgia di babak pertama laga Piala Eropa 2024 itu.

Turki kemudian berhasil mencetak dua gol lagi di babak kedua melalui aksi Guler dan Kerem Akturkoglu. 

Baca juga : Turki vs Georgia: Arda Guler dan Kenan Yildiz Jadi Andalan Tim Bintang Bulan Sabit

Kemenangan itu membuat tim berjuluk Bulan Sabit-Bintang itu memuncaki klasemen sementara Grup F dengan raihan tiga poin.

Posisi grup masih bisa berubah karena pertandingan Grup F lainnya antara Portugal dan Rep Ceko baru akan dimainkan pada Rabu (19/6) dini hari WIB.

Kedua tim menampilkan permainan menyerang sejak kick-off.

Baca juga : Khvicha Kvaratskhelia Bertekad Bawa Timnas Georgia Berbicara Banyak di Euro 2024

Turki berhasil unggul lebih dulu lewat aksi Muldur pada menit ke-25. Muldur melepaskan tembakan voli setelah memanfaatkan rebound hasil sundulan Lasha Dvali yang coba membuang bola.

Tendangan Muldur meluncur ke pojok kiri gawang Georgia tanpa bisa dijangkau kiper Giorgi Mamardashvili. Turki unggul 1-0.

Semenit kemudian, Baris Yilmaz sukses menggandakan keunggulan Turki. Namun, gol ini dianulir karena Yilmaz dinyatakan offside lewat pantauan VAR.

Baca juga : Preview Euro 2024 Kroasia vs Albania: Awas, Albania Andalkan Serangan Balik Cepat

Georgia mampu bangkit dan menyamakan kedudukan pada menit ke-32 lewat gol Mikautadze.

Gol tersebut bermula dari pergerakan Giorgi Kochorashvili di sisi kiri pertahanan Turki. Dia kemudian lalu mengirim umpan mendatar yang diselesaikan dengan tembakan Mikautadze ke arah tiang dekat. 

Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-1.

Baca juga : Cristiano Ronaldo dan Pepe Berpeluang Pecahkan Rekor Sebagai Pencetak Gol Tertua Piala Eropa

Kedua tim tetap memainkan sepak bola menyerang di babak kedua.

Pada menit ke-57, Hakan Calhanoglu memberikan ancaman lewat tendangan bebas. Tendangan gelandang Inter Milan itu mengarah ke gawang, tetapi bisa ditepis dengan satu tangan oleh Mamardashvili.

Turki akhirnya bisa kembali unggul pada menit ke-65 lewat pemain muda sensasional mereka, Arda Guler. Pemain Real Madrid itu mencetak gol lewat tembakan jarak jauh dengan kaki kiri miliknya.

Gol itu bermula dari keberhasilan Turki yang bisa merebut bola di pertahanan Georgia. Kaan Ayhan mendapat bola dan memberikannya pada Arda Guler yang langsung melepaskan tembakan jarak jauh ke pojok kanan gawang Georgia. Kedudukan menjadi 2-1.

Gol tersebut juga menjadikan Guler sebagai pemain belia pertama yang mencetak gol pada debutnya di laga Piala Eropa sejak Cristiano Ronaldo pada 2004.

Georgia hampir mencetak gol balasan pada menit ke-70. Aksi umpan 1-2 dituntaskan dengan tendangan Kochorashvili ke gawang, tetapi bola membentur mistar.

Aksi saling serang terus berlanjut di antara kedua tim. Baik Turki maupun Georgia juga melakukan sejumlah pergantian pemain sebagai upaya menambah tenaga atau mengubah alur permainan.

Pada menit ke-87, Turki nyaris mencetak gol ketiga lewat kerja sama para pemain pengganti. Umpan silang yang dilepaskan oleh Zeki Celik bisa disundul Yusuf Yazici. Namun, bola masih bisa ditepis oleh Mamardashvili.

Dalam sejumlah kesempatan di masa injury time tersebut, kiper Georgia yaitu Mamardashvili ikut maju meninggalkan gawang yang berujung pada gol ketiga Turki.

Di saat akhir, Mert Gunok bisa meninju bola sepak pojok sehingga Turki punya kesempatan melakukan serangan balik. Kerem Akturkoglu yang mendapat bola langsung berlari kencang ke lini pertahanan Georgia.

Akturkoglu yang baru masuk pertandingan di menit ke-85 tidak bisa dikejar oleh pemain-pemain Georgia. Dia kemudian memasukkan bola ke gawang yang sudah kosong.

Pertandingan berakhir dengan kemenangan 3-1 Turki atas Georgia. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat