visitaaponce.com

Kalahkan Hongaria, Timnas Jerman Jadi Tim Pertama yang Melaju ke 16 Besar Euro 2024

Kalahkan Hongaria, Timnas Jerman Jadi Tim Pertama yang Melaju ke 16 Besar Euro 2024
Gelandang timnas Jerman Iklay Gundogan melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Hongaria di laga Euro 2024.(AFP/THOMAS KIENZLE)

TIMNAS Jerman dipastikan menjadi tim pertama yang melaju ke 16 besar Euro 2024 setelah menang 2-0 atas timnas Hongaria di matchday ke-2 Grup A Piala Eropa 2024 di Mercedes-Benz Arena, Berlin, Rabu (19/6) malam WIB.

Dua gol kemenangan tim tuan rumah dicetak Jamal Musiala di paruh pertama dan Ilkay Gundogan di babak kedua.

Kemenangan itu membuat tim asuhan Julian Nagelsmann lolos babak 16 besar setelah mengumpulkan enam poin, tetapi mereka masih harus memainkan laga terakhir lawan Swiss demi memastikan finis sebagai juara grup.

Baca juga : Julian Nagelsmann Ingatkan Timnas Jerman Agar tidak Remehkan Hongaria

Sedangkan Hongaria harus memenangkan pertandingan terakhir lawan Skotlandia bila ingin lolos fase berikutnya sebagai peringkat tiga terbaik.

Jalannya pertandingan

Ancaman pertama diciptakan oleh Hongaria saat laga belum sampai satu menit. Rolland Sallai memenangi perebutan bola dengan Joshua Kimmich untuk masuk ke kotak penalti Jerman, tetapi sepakannya masih bisa diblok kiper veteran Manuel Neuer.

Giliran Jerman yang menebar ancaman pada menit ke-5 lewat Kai Havertz. Namun, tembakan jarak jauhnya sukses diamankan kiper Hongaria, Peter Gulacsi.

Baca juga : Ivan Hasek Minta Timnas Rep Ceko Segera Bangkit

Havertz kembali mendapatkan peluang enam menit kemudian. Usai memenangi duel perebutan bola dengan Willi Orban, pemain Arsenal itu tinggal berhadapan dengan Gulacsi.

Sayangnya, Havertz gagal menaklukkan Gulacsi. Jerman baru bisa membuka skor pada menit ke-22.

Gol ini bermula dari serangan Jerman yang berujung pada umpan Musiala ke arah Gundogan. Kapten Timnas Jerman itu tampil ngotot di kotak penalti hingga mendorong Willi Orban sebelum mengirim bola ke Musiala.

Baca juga : Penerima Kartu Merah Pertama Euro 2024, Ryan Porteous, Diskors Dua Laga

Musiala menuntaskan umpan Gundogan dengan tembakan jarak dekat yang gagal diselamatkan Gulacsi.

Gol tersebut sempat diprotes para pemain Hongaria karena merasa Gundogan lebih dulu melanggar Orban untuk menguasai bola.

Namun, pengecekan VAR menyatakan gol tersebut sah. Kontak antara Orban dan Gundogan dinilai bukan pelanggaran. Jerman memimpin 1-0.

Baca juga : EURO 2024: Xhaka Harap Tuah Leverkusen Menular ke Timnas Swiss

Hongaria berupaya menyamakan kedudukan. Dominik Szoboszlai mendapat kesempatan dari tendangan bebas pada menit ke-26, tetapi tembakannya ke sudut kiri gawang ditepis Neuer.

Musiala mencetak gol keduanya menjelang akhir babak pertama. Namun, bola masih melebar di sisi kanan gawang Hongaria.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Toni Kroos berpeluang menambah skor bagi Jerman lewat tembakan jarak jauhnya pada menit ke-55, tetapi upayanya belum dapat menaklukkan Gulacsi.

Die Mannschaft baru bisa menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-67. Sebuah permainan umpan cepat berakhir di kaki Maximilian Mittelstadt yang kemudian mengirimkan umpan silang datar dari sisi kiri ke kotak penalti.

Bola kemudian disambar Gundogan yang berhasil mendapatkan ruang dan tidak terkawal di kotak penalti. Tembakannya ke sudut kanan gawang gagal dihalau Gulacsi.

Unggul dua gol tidak menurunkan intensitas serangan Jerman. Mereka menciptakan dua peluang berbahaya melalui sepakan Joshua Kimmich dan Leroy Sane.

Namun, percobaan tersebut masih belum membuahkan gol tambahan. Pada akhirnya tidak ada tambahan yang tercipta dan Jerman mengamankan kemenangan 2-0 atas Hongaria. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat