visitaaponce.com

Imbang Tanpa Gol, Belgia Lolos ke 16 Besar Euro 2024, Ukraina Pulang

Imbang Tanpa Gol, Belgia Lolos ke 16 Besar Euro 2024, Ukraina Pulang
Laga Euro 2024 antara Belgia dan Ukraina(AFP/FABRICE COFFRINI)

TIMNAS Belgia dan Ukraina bermain imbang tanpa gol di laga pamungkas Grup E Euro 2024 di Stuttgart Arena, Stuttgart, Jerman, Rabu (26/6) malam WIB.

Hasil imbang itu sudah cukup membawa Belgia mengantongi satu tiket ke babak 16 besar Piala Eropa 2024 sebagai runner-up Grup E di bawah Rumania, yang juga bermain seri melawan Slovenia.

Sebaliknya, Ukraina tidak dapat melanjutkan langkah ke babak 16 besar meski mengoleksi empat poin, sama dengan tiga tim lainnya di grup tersebut.

Baca juga : Perebutan Tiket 16 Besar Grup E Euro 2024 Bakal Ketat, Begini Skenarionya

Ukraina kalah selisih margin gol dari Rumania, Belgia, dan Slovenia.

Belgia menguasai tempo permainan sejak menit pertama dengan memanfaatkan serangan-serangan dari sayap.

Pada menit ketujuh, Kevin De Bruyne mengirimkan umpan matang kepada Romelu Lukaku, yang terbebas dari penjagaan, tapi sepakan terarah Lukaku bisa ditepis Anatoliy Trubin.

Baca juga : Gol Larut Roman Yaremchuk Pastikan Ukraina Bangkit dan Kalahkan Slovakia di Euro 2024

Belgia mendikte penguasaan bola dengan memanfaatkan duet Youri Tielemans dan De Bruyne di lini tengah dengan menguasai 69% penguasaan bola selama 15 menit awal pertandingan.

Ukraina bermain menunggu dengan memanfaatkan serangan balik dari kedua sayap.

Pada menit ke-29, dari serangan balik, Roman Yaremchuk melepaskan tendangan tapi tak membahayakan gawang Koen Casteels.

Baca juga : Francesco Calzona Tegaskan Kemenangan Slovakia Atas Belgia Beri Harapan Bagi Tim Kecil di Euro 2024

Empat menit berselang, De Bruyne mendapatkan peluang emas melalui tendangan bebas usai Lukaku dilanggar Oleksandr Svatok. Namun, tendangan De Bruyne melebar dari gawang Trubin.

Pada penghujung waktu babak pertama, Georgiy Sudakov mengancam pertahanan Belgia, namun usahanya digagalkan Casteels yang melakukan penyelamatan.

Di babak kedua, lini bertahan Ukraina yang begitu rapat dan bermain disiplin membuat dua duet sayap Belgia Jeremy Doku dan Leandro Trossard kerepotan menembusnya.

Baca juga : Domenico Tedesco Tolak Salahkan Wasit dan Pemain Pascakekalah Belgia di Laga Euro 2024

Belgia mengurung pertahanan lawan dan mengandalkan umpan-umpan dari lini kedua yang berawal dari kreasai De Bruyne dan Tielemans.

Pada menit ke-55, dari sebuah tendangan penjuru, De Bruyne mengirimkan umpan yang diterima Doku, tapi sepakan keras Doku diblok oleh rapatnya barisan pertahanan Ukraina.

Pada menit ke-62, De Rode Duivels menambah amunisi untuk membongkar pertahanan Ukraina dengan memasukkan Orel Mangala dan Yannick Carrasco menggantikan Tielemans dan Trossard.

Tambahan energi ekstra membuat Belgia kian mengurung pertahanan Ukraina. Pada menit ke-65, Lukaku melepaskan tendangan yang masih bisa ditepis Trubin.

Delapan menit berselang, lewat kerja sama umpan satu dua antara Lukaku dan Carrasco, pertahanan Ukraina kerepotan lagi. Carrasco melepaskan sepakan tapi mudah diantisipasi Trubin yang begitu tenang di bawah mistar.

Ukraina mencoba keluar dari tekanan dengan memasukkan Andriy Yarmolenko menggantikan Svatok.

Tidak berselang lama pada menit ke-83, Ukraina memperoleh peluang gol melalui sontekan Malinovskyi tapi bisa ditinju Casteels.

Hingga tambahan waktu empat menit babak kedua, kedua tim tidak menciptakan peluang berbahaya. Skor imbang tanpa gol menjadi akhir pertandingan ini. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat