visitaaponce.com

Internet Beri Kemudahan, Tapi Perlu Literasi Untuk Tangkal Dampak Negatif

Internet Beri Kemudahan, Tapi Perlu Literasi Untuk Tangkal Dampak Negatif
Webinar Hidup Lebih Indah dengan Internet(Dok. Pribadi)

PERKEMBANGAN teknologi digital telah mengantarkan banyak orang dalam kemudahan melakukan kegiatan pada kehidupan sehari-hari. Internet yang merupakan wujud dari perkembangan teknologi juga turut banyak memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia.

"Tentunya kita semua sadar dengan internet atau dunia digital hari ini, banyak hal yang bisa dibantu dalam kehidupan sehari-hari. Semua aktifitas yang dulu selalu dilakukan dengan fisik, bisa dimediasi oleh dunia digital yang semuanya bisa dijangkau,' ujar Rizki Sadig, anggota Komisi I DPR dalam webinar bertajuk Hidup Lebih Mudah dengan Internet, Selasa (26/4).

Rizki menegaskan, kemampuan digital perlu dimiliki  untuk memaksimalkan pengguaan internet. 

"Saya ingatkan, jangan pernah bosan untuk mengupgrade kemampuan kita dalam dunia digital, meskipun kita sudah tertinggal. Teruslah mencoba dan meningkatkan kemampuan kita untuk menguasai dunia digital, sehingga kita tidak menjadi generasi gaptek yang tidak mengetahui perkembangan digital," katanya. 

Di sisi lain, internet juga punya dampak negatif.  Karena itu, Rizki mengimbau untuk menggunakan internet dengan bijak. 

Baca juga : SEO Bantu Pelaku Bisnis Terus Berkembang di Era Ekonomi DIgital

"Imbauan dari saya adalah gunakanlah internet atau kemampuan digital kita untuk sesuatu yang baik bagi diri sendiri, keluarga, maupun orang lain, dan jadikan jadikanlah internet untuk menyampaikan hal-hal yang baik," tegasnya. 

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Tangerang, Ilham Ramdana menjelaskan beberapa fungsi internet adalah sebagai hiburan, media edukasi, sumber informasi, sarana mencari referensi, media untuk meningkatkan skill dan media dalam mendukung kegiatan ekonomi. 

"Sebagai contoh dalam mendukung kegiatan ekonomi, internet membawa pengaruh pada seorang gadis bernama Sabrina Dwi Istiqomah yang dikenal sebagai gadis cendol, yang dalam waktu singkat menjadi seorang jutawan dan terkenal akibat Internet atau media sosial," ujar pria yang juga penyiar radio tersebut. 

Sabrina Dwi Istiqomah merupakan sosok remaja inspiratif yang dapat menjadi contoh dalam memanfaatkan internet atau media sosial. Remaja yang masih bersekolah ini menggunakan internet sebagai media untuk meningkatkan penjualannya, dan berkat internet inilah sosoknya menjadi terkenal dan usahanya semakin lancar. (RO/OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat