visitaaponce.com

Dari Omzet Usaha Hilang 90, Kini Sutrisnolimz Sukses Jadi Kreator Konten

Dari Omzet Usaha Hilang 90%, Kini Sutrisnolimz Sukses Jadi Kreator Konten
Kreator konten Sutrisnolimz (kedua dari kiri) berpose dengan Menparekraf Sandiaga Uno (ketiga dari kanan).(Ist)

KREATOR konten menjadi suatu profesi yang sedang tren di Tanah Air saat ini. Berbagai konten di sosial media dari para kreator konten berhasil mengundang animo masyarakat.

"Bahkan, perkembangan kreator konten yang pesat di tahun 2023 saat ini juga berdampak positif di sektor parekraf," kata Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Muhammad Neil El Himam.

“Karena ini menyangkut banyak jenis sektor, sub sektor yang ada di kreatif termasuk saling terkait, sehingga teman-teman kreator konten  ini punya banyak bahan materi yang luar biasa," ucap Neil pada Selasa (7/2/2023) lalu.

Konten-konten menarik yang dibuat oleh para kreator konten mampu menggaet daya tarik masyarakat baik pada sebuah produk, jasa, tempat dan lain sebagainya.

"Jadi saya beranggapan, bahwa potensi kreator konten kini sungguh luar biasa, dan sekarang juga masuk ke dalam kreator konten sudah tidak terlalu sulit, asalkan ada kemauan di situ, kerja keras dan kreativitas yang tanpa batas," tambahnya.

Salah satu kreator konten yang saat ini kariernya tengah melejit adalah Sutrisno atau yang biasa dikenal dengan Sutrisnolimz.

Menjadi seorang kreator video semenjak 2021 lalu, Sutrisno limz menjalani kariernya di bidang kreator video dengan membuat konten-konten fashion, kosmetik, kontraktor, makanan, golf, hingga tas dan dompet.

Tidak sampai satu tahun kemudian, Sutrisnolimz berhasil memperoleh hampir 200 ribu followers di TikTok dan 33 ribu followers di Instagram pribadinya.

Hal tersebut membuat Sutrisnolimz kini menjadi brand ambassador dari berbagai produk.

Salah satunya adalah snack Vegan Land (@veganland.id) yang merupakan produk UMKM lokal yang telah diakui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie.

Tidak berhenti di situ, Sutrisnolimz juga menjalin relasi dari olahraga baru yang sedang hype yaitu golf dan menjadi brand ambassador dari PT Cipta Griya Semesta (@bangun_gudang_dotcom) yang bergerak di bidang konstruksi pembangunan gudang dan pabrik.

Baca juga: Lulusan FITM ITB Ini Sukses Jadi Kreator Konten dan Pengusaha

Selain itu, Sutrisnolimz juga menjadi brand ambassador dari Svingolf (@svingolf) yang merupakan brand lokal baju perlengkapan golf kekinian yang selalu dipakai dalam berbagai acara perusahaan dan bisa dibuat custom untuk ukuran junior.

Namun, dibalik karirnya yang melesat tersebut tidak banyak yang tahu bahwa Sutrisnolimz sebelumnya sempat menjalani masa-masa yang sangat sulit, di mana ia bahkan harus berjualan di samping jalan demi perputaran pemasukan dan  mencoba berbagai cara untuk terus bertahan.

Awalnya, Sutrisnolimz dikenal sebagai seorang pedagang fashion namun bisnisnya menurun hingga ia harus kehilangan 70% - 90% dari omzet yang didapatkan karena pandemi Covid-19 pada tahun 2020 lalu.

Akan tetapi dengan modal semangat dan terus berusaha, Sutrisnolimz kemudian mencari jalan untuk menjadi kreator video, live di TikTok dan open endorsement.

Konten-konten yang ia buat mulai dikenal ketika videonya FYP atau viral di TikTok berkali-kali dan membuahkan ke penjualan.

“Awalnya cuma bermodalkan ide-ide buat video yang lucu, unik, lalu saya buat studio khusus di rumah untuk membuat video,” kata Sutrisnolimz.

Hingga akhirnya perjuangannya tersebut membuahkan hasil yang signifikan meski dengan berbekal modal yang kepepet.

“Saat kita terus berusaha sepenuh jiwa raga, dan selalu melibatkan Yang Maha Kuasa dalam setiap perjuangan kita maka hasil tidak akan mengkhianati proses perjuangan kita. Asalkan mau berusaha pasti ada jalannya,” jelasnya.

Disamping itu, ke depannya Sutrisnolimz juga memiliki rencana untuk berkolaborasi dengan kreator video lainnya dan sudah sempat kerjasama sebelumnya.

Namun untuk saat ini dirinya mengaku tengah fokus sebagai brand ambassador dan pada endorsement. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat