visitaaponce.com

Apple dan Amazon Siap Penuhi Aturan Baru Antimonopoli Uni Eropa

Apple dan Amazon Siap Penuhi Aturan Baru Antimonopoli Uni Eropa
Ilustrasi(AFP/LIONEL BONAVENTURE)

TUJUH raksasa teknologi, termasuk Apple dan Amazon telah memberi tahu Uni Eropa bahwa mereka memenuhi ambang batas untuk berada di bawah aturan baru yang penting untuk mengekang dominasi pasar mereka.

"Perusahaan - induk Google Alphabet, Amazon, Apple, pemilik TikTok ByteDance, payung Facebook Meta, Microsoft dan Samsung, mengatakan mereka memiliki pendapatan dan angka pengguna yang cukup besar untuk digolongkan sebagai "penjaga gerbang", kata komisaris pasar internal UE Thierry Breton, Selasa (4/7).

Di bawah Undang-Undang Pasar Digital UE atau Digital Markets Act (DMA), penunjukan tersebut akan membuat mereka tunduk pada peraturan yang lebih ketat yang bertujuan menghentikan mereka dari upaya memonopoli pengguna di ekosistem mereka," kata Breton.

Baca juga : Apple dan Amazon 'Berkomitmen' Kembangkan Bisnis ke Layar Lebar

Dengan aturan baru antimonopoli ini, nantinya layanan messenger dapat dioperasikan sehingga pengguna dapat mengirim pesan di antara aplikasi yang berbeda, dan mencegah perusahaan mengontrol aplikasi apa yang sudah diinstal sebelumnya di ponsel atau mengarahkan pengguna ke produk mereka.

Undang-undang mencoba untuk memastikan pemain yang lebih kecil akan dapat memasuki pasar tanpa raksasa Silicon Valley menginjak mereka sebelum mereka turun. Uni Eropa akan membuat keputusan resmi pada 6 September 2023 mendatang.

Baca juga : AS Dituduh Gunakan Iphone untuk Mata-matai Rusia

Untuk diketahui, dorongan Eropa datang di tengah dorongan internasional yang lebih luas untuk mengendalikan kekuatan teknologi besar. Blok beranggotakan 27 negara itu juga telah memperkenalkan aturan yang lebih ketat yang bertujuan membatasi konten yang salah dan kebencian di platform online utama. (AFP/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat