visitaaponce.com

Bantu Kembangkan Relevansi Startup Terhadap Pasar, Endeavor Scale Up Kembali Digelar

Bantu Kembangkan Relevansi Startup Terhadap Pasar, Endeavor Scale Up Kembali Digelar
Peserta program Endeavor Scale Up Batch 5(Dok. Endeavor)

KEBERADAAN usaha rintisan (startup) menjadi pemecah masalah melalui solusi lewat teknologi yang dihadirkannya. Pertumbuhan startup pun terus merangkak naik di Indonesia.

Meski demikian, startup membutuhkan dukungan agar misinya terus tumbuh dan berkembang. Selain soal pendanaan, startup juga membutuhkan bimbingan (mentorship) agar produk yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Melihat kebutuhan itu, Endeavor kembali menggelar Endeavor Scale Up, sebuah akselerator non-dilutif yang memberikan kesempatan langka bagi startup terpilih untuk terhubung dengan sumber daya, pendiri, dan pemimpin industri yang tergabung dalam jaringan lokal dan global Endeavor.

Baca juga : #Hack4ID Jadi Ajang Pelatihan Calon Founder Startup 

Executive Director Endeavor Indonesia Devina Hartono menjelaskan, teknologi saat ini sangat berperan membuat segala sesuatu lebih mudah untuk dimanfaatkan.

Ia mencontohkan, startup Rekosistem yang menyediakan layanan Energy & Waste Management hingga startup yang mampu merevolusi proses konstruksi konvensional agar lebih efisien seperti AMODA.

Baca juga : Keluar dari Belenggu Budak Korporat, 2 Pakar Bagikan Tips Membangun Startup

“Namun masih ada tantangan yang harus diselesaikan agar proses transformasi digital dan penerapan inovasi berjalan terus menerus. Karena itu, pendampingan sangatlah penting, Dari sekian banyak startup yang mendaftar, kami senantiasa memilih mereka yang berfokus penuh pada pasar Indonesia dan memimpin perusahaan yang memiliki pertumbuhan cepat,” ujar Devina.

Hadirnya Endeavor Scale Up diharapkan bisa terus mendukung pertumbuhan para entrepreneur dan startup yang paling menjanjikan dan tumbuh paling cepat hingga mampu membangun ekosistem kewirausahaan yang berkembang di pasar.

“Dan pada akhirnya, hadirnya Endeavor Scale Up ini diharapkan bisa menjadi jembatan bagi para entrepreneur potensial untuk menjadi Endeavor Entrepreneur EE masa depan yang akan mendapat manfaat luas dari layanan Endeavor,” lanjut Devina.

Dalam Scale Up Batch 5 ini, Endeavor turut mengundang mentor-mentor berpengalaman di bidangnya, termasuk mereka yang sudah berpengalaman dalam pengembangan smart city seperti Director and CEO Real Estate Business PT Lippo Karawaci Rudy Halim. dan Independent Commissioner PT XL Axiata Tbk Julianto Sidarto.

Para peserta terpilih akan mendapatkan manfaat yang berharga selama 5 bulan ke depan, termasuk tiga sesi mentoring eksklusif bersama mentor berpengalaman, tiga sesi sharing dalam acara "Founder to Founder Forum" bersama Endeavor Entrepreneur, serta tiga sesi pembelajaran dalam Scale Up Academy dengan topik yang beragam.

Selain itu, mereka juga akan mendapatkan akses ke jaringan investor Endeavor, serta didampingi oleh account manager khusus dari tim Endeavor Indonesia.

Selain startup yang fokus pada smart city, terdapat juga berbagai industri dan latar belakang seperti agrikultur, financial service, commerce, enterprise software & service, makanan dan minuman, hingga manufaktur. berikut daftar lengkap 20 startup terpilih dalam batch 5 Endeavor Scale Up.

Dengan akses ke jaringan yang luas, mentor yang berpengalaman, dan dukungan dari sesama entrepreneur, program ini akan membantu meningkatkan skala bisnis dan membantu para pendiri startup untuk menjadi pemimpin yang lebih baik.

“Hal terbaik dari program ini adalah mentorship dan koneksi ke beberapa orang-orang hebat di industri. Sebagai founder yang merintis sejak awal, saya sangat terbantu mendengar cerita serupa dari para founder lainnya,” ujar Dima Djani, CEO Alami Group. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat