visitaaponce.com

Aplikasi ICDC, Layanan Berbasis Digital di Sektor Industri Alat Berat

Aplikasi ICDC, Layanan Berbasis Digital di Sektor Industri Alat Berat
President Director PT Indotruck Utama, Bambang Prijono, menjelaskan aplikasi Indotruck Command and Data Center (ICDC) di Jakarta.(Ist)

SATU tahun lalu diperkenalkan aplikasi ITU Connect yang menjadi sarana pelanggan melakukan transaksi dengan PT Indotruck Utama (ITU) yang terhubung dengan truk dan alat berat mereka.

PT ITU kembali meluncurkan fasilitas berbasis teknologi digital yang canggih, yaitu Indotruck Command and Data Center (ICDC) yang berlokasi di Gedung Indomobil Tower, Jakarta, baru-baru ini.

"ICDC merupakan fasilitas yang mengintegrasikan seluruh data operasional cabang dan alat berat terkait penjualan, purna jual, administrasi, monitoring unit break down, dan administrasi,” tutur Bambang Prijono, President Director PT Indotruck Utama, dalam keterangan, Kamis (13/7).

Baca juga: Indotruck Utama Luncurkan Dua Eskavator Baru

Selain itu, ICDC juga terintegrasi dengan berbagai data-data lain yang akan menjadi dasar bagi perusahaan untuk melakukan penanganan dan perbaikan.

"ICDC juga teritegrasi dengan layanan Call Center ITU di nomor hotline 150488 (150-ITU) untuk memastikan setiap pertanyaan, masukan dan keluhan pelanggan termonitor hingga penyelesaiannya," terang Bambang.

Fitur ICDC Terkoneksi ke Truk dan Alat Berat Milik Pelanggan

Fitur-fitur yang ada di ICDC antara lain adalah koneksi ke truk dan alat berat milik pelanggan melalui jaringan seluler dan satelit. ICDC juga terhubung dengan sistem ERP yang ada di ITU.

Baca juga: Peluncuran Volvo Bus Euro V

"Seluruh data ini dikirim ke ICDC untuk dianalisis dan dibuat dalam berbagai laporan (dashboard) untuk selanjutnya memberikan rekomendasi ITU dan pelanggan tentang hal-hal yang perlu ditindaklanjuti atau diperbaiki," papar Bambang.

Data yang disajikan berupa telematik berfokus pada uptime, efisiensi bahan bakar, perilaku keselamatan, kebiasaan pengemudi, dan status kendaraan termasuk posisi unit.

Sedangkan untuk layanan purna jual, user dapat mengakses spare parts order tracking, mechanic dan service job tracking, pengiriman alat berat, hingga status penagihan (billing)

Baca juga: KOBEX Bukukan Pertumbuhan Laba Bersih 12,24%

“Teknologi digital sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan manusia," ujar Bambang.

"Perkembangan teknologi digital harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan kinerja perusahaan, termasuk dalam upaya meningkatkan pelayanan dan kepuasan Pelanggan,” tutur Bambang.

Saat peluncuran aplikasi ICDC ini juga dihadiri oleh para petinggi Volvo Trucks Corporation (VTC) dari Swedia, yaitu Roger Alm (President of Volvo Trucks), Per-Erik Lindstrom (SVP Volvo Trucks International) and Jonas Nilsson (VP Volvo Trucks India & Indonesia). (RO/S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat