visitaaponce.com

Proyek Kripto Baru Open AI, Worldcoin, Picu Kekhawatiran

Proyek Kripto Baru Open AI, Worldcoin, Picu Kekhawatiran
CEO Open AI, Sam Altman, yang baru saja mengumumkan peluncuran proyek AI baru Open AI, Worldcoin.(AFP)

LABORATORIUM Kecerdasan Buatan (AI) Open AI menjadi sorotan setelah meluncurkan proyek kripto bernama Worldcoin. Worldcoin adalah platform identifikasi digital yang menggunakan teknologi pemindaian mata (scanning mata) untuk menciptakan jaringan keuangan dan identitas pengguna di seluruh dunia yang berbasis teknologi blockchain.

Worldcoin melakukan verifikasi identitas pengguna dengan metode proof-of-personhood (PoP). Metode ini melibatkan scanning mata menggunakan perangkat bernama The Orb.

Dengan semakin berkembangnya teknologi artificial inteligence (AI), Worldcoin menyediakan cara mudah bagi setiap orang untuk memverifikasi bahwa mereka adalah manusia sungguhan, bukan bot atau algoritma AI.

Baca juga: Studi: AI Menciptakan Peluang dan Risiko untuk Jurnalisme

Kripto Worldcoin telah memberikan banyak kemudahan, tapi beberapa masalah dari kripto ini juga harus diperhatikan, seperti verifikasi identitas dengan The Orb. Worldcoin menggunakan iris mata untuk menangkap dan mengesahkan data biometrik unik individu. Hingga saat ini, sudah ada sejumlah negara menunding cara verifikasi tersebut berisiko menimbulkan masalah kesehatan.

Di tengah-tengah perjuangan pelaksanaan proyek kripto Worldcoin di Kenya, Worldcoin telah dituduh oleh pemerintah Kenya melakukan penipuan data dengan mengatakan proyek itu kelihatan seperti gerombolan yang datang untuk mengumpul data.

Selain kebocoran data pribadi, metode verifikasi identitas dengan scanning mata itu juga memicu kekhawatiran tentang kesehatan. Menteri Kesehatan Kenya, Susan Nakhumicha Wafula mengatakan, teknologi pengimbasan iris berpotensi membawa ratusan ribu rakyat Kenya kepada risiko kesehatan.

Baca juga: Trafik ChatGPT Menurun, Ini Alasannya

Pengawasan Ketat Global

Dengan banyak kekhawatiran, Worldcoin menghadapi pengawasan yang ketat secara global karena badan regulator menyuarakan kekhawatiran terkait penanganan informasi pribadi dan data biometrik perusahaan. Tak hanya dikritik oleh negara-negara berkembang, negara-negara eropa seperti Jerman dan Inggris juga melakukan pemeriksaan terhadap Worldcoin.

"Kami mencatat peluncuran Worldcoin di Inggris dan akan melakukan penyelidikan lebih lanjut," kata juru bicara Kantor Komisi Informasi Inggris, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (28/7).

Sejak November 2022, Pengawasan Perlindungan Data (BayLDA) Jerman telah memulai penyelidikan terhadap aktivitas Worldcoin.

Pimpinan BayLDA, Michael Will mangatakan bahwa teknologi seperti Worldcoin berpotensi disalahgunakan untuk mengirimkan informasi keuangan dan menimbulkan risiko bagi pengguna Worldcoin.

Sementara itu, popularitas Worldcoin cepat atau lambat akan meningkat di Indonesia. Lembaga dan kementeria terkait seharusnya memperkuat pengawasan dan terus menyempurnakan kebijakan atau sistem pengawasan terhadap Worldcoin.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat