visitaaponce.com

Hari Inovasi Indonesia Merayakan Kreativitas, Inovasi, dan Sejarah Perjalanan Inovatif Bangsa

Hari Inovasi Indonesia: Merayakan Kreativitas, Inovasi, dan Sejarah Perjalanan Inovatif Bangsa
Ilustrasi - Setiap awal November diperingati sebagai Hari Inovasi Indonesia yang memuliakan kreativitas dan inovasi untuk memajukan bangsa.(Freepik)

SETIAP tahun, tepat pada 1 November, Indonesia memperingati Hari Inovasi Indonesia (HII), sebuah momen yang memuliakan kreativitas dan inovasi dalam upaya memajukan bangsa. Apa sebenarnya tujuan dari peringatan Hari Inovasi Indonesia ini? Mari kita telaah secara singkat!

Sejarah dan Misi Hari Inovasi Indonesia

Peringatan Hari Inovasi Indonesia pertama kali dirintis Handi Irawan D, chairman dari Tera Foundation, yang juga menganugerahkan Penghargaan Rekor Bisnis. Ia mengekspresikan harapannya agar Hari Inovasi Indonesia menjadi dorongan bagi individu dan pemilik merek untuk terus menciptakan inovasi.

Baca juga: Local Hero Palembang Ciptakan Enzym untuk Kelola Limbah Tempe

Menurut Handi, kesuksesan individu atau perusahaan tak lepas dari inovasi, terutama di tengah perubahan zaman dan teknologi. Kehidupan tanpa inovasi bisa mengakibatkan stagnasi bahkan kemunduran.

Presiden Joko Widodo juga memberikan pandangan terkait Hari Inovasi Indonesia, menggarisbawahi bahwa inovasi bukan semata-mata tanggung jawab anak muda atau lembaga pemerintah. Perubahan yang begitu signifikan terutama pada kondisi perusahaan multinasional menunjukkan betapa pentingnya inovasi dalam merespons perubahan zaman.

Baca juga: Dorong Perempuan Berkreativitas, Relawan Gelar Pelatihan Kreasi Souvenir dari Akrilik

Mendukung Kreativitas dan Inovasi

Dalam rangka peringatan Hari Inovasi Indonesia, ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk mendukung terciptanya inovasi, terutama di tempat kerja atau dunia bisnis. Tiga di antaranya adalah:

1. Memberikan Apresiasi kepada Karyawan

Penghargaan kepada karyawan tidak hanya sekadar menunjukkan rasa terima kasih, tapi juga dapat memotivasi mereka untuk menghasilkan inovasi.

2. Menggelar Kompetisi Inovasi

Melalui kompetisi, karyawan didorong untuk berkompetisi dalam menghadirkan ide-ide inovatif. Ini memotivasi mereka untuk berkreasi dan berinovasi.

3. Acara Bertema Inovasi

Mengadakan pameran atau diskusi terkait inovasi bisa menjadi cara yang menarik untuk membuka wawasan dan mendorong munculnya ide-ide baru.

Inovasi dalam Sejarah Indonesia

Sejarah inovasi Indonesia tidaklah pendek. Durenas, Departemen Urusan Riset Nasional yang didirikan di era Presiden Soekarno di bawah kepemimpinan Sujono Juned Pusponegoro, menjadi landasan bagi kemajuan riset nasional. Di era berikutnya, Sumitro Joyohadikusumo sebagai Menteri Negara Riset bekerjasama dengan BJ Habibie dalam membangun industri pesawat di dalam negeri.

Perayaan Hari Inovasi Indonesia menjadi bentuk penghargaan atas kreativitas, dorongan untuk inovasi, serta peringatan akan sejarah inovatif Indonesia yang telah membawa kemajuan bagi bangsa. Semangat inovasi menjadi fondasi bagi masa depan yang lebih baik. (Z-3)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat