visitaaponce.com

Organisasi yang Adopsi AI Generatif Punya Keunggulan Kompetitif

Organisasi yang Adopsi AI Generatif Punya Keunggulan Kompetitif
President Direktur IBM Indonesia Roy Kosasih (kiri) dan Associate Director PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) Andy Komala.(Dokpri.)

ARTIFICIAL intelligence (AI) diproyeksikan menghasilkan nilai luar biasa sebesar US$16 triliun pada 2030. Ini mendorong pertumbuhan dan membantu mengatasi beberapa tantangan paling mendesak di bidang jasa keuangan, layanan kesehatan, manufaktur, dan perubahan iklim. Studi CEO IBM 2023 mengungkapkan bahwa 75% CEO yang disurvei secara global percaya bahwa organisasi yang mengadopsi AI generatif akan memiliki keunggulan kompetitif.

Karena itu, "Tahun ini IBM memperkenalkan solusi terbaru AI untuk bisnis yang siap pakai yaitu Watsonx," ujar President Direktur IBM Indonesia Roy Kosasih, Jakarta, Selasa (21/11). IBM AI ialah generatif AI for bisnis, karena Watsonx memanfaatkan foundation model dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip etika yang menjadi komitmen IBM, menyediakan akses layanan mandiri, dan semua yang dibutuhkan bisnis seperti perangkat, teknologi, infrastruktur, dan pakar konsultasi dalam skala besar di satu tempat. Ujungnya, bisnis mampu memanfaatkan generative AI dengan maksimal.

Watsonx terdiri dari studio watsonx.ai untuk model fondasi baru, AI generatif, dan machine learning. Ada pula penyimpanan data watsonx.data yang dibangun di atas arsitektur lakehouse terbuka. IBM juga meluncurkan watsonx.governance pada 5 Desember untuk membantu organisasi menerapkan AI secara bertanggung jawab dan bersiap menghadapi regulasi yang akan diterapkan di seluruh dunia.

Baca juga: Pengertian Database: Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya

Associate Director PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) Andy Komala menambahkan di era adopsi teknologi terkini seperti AI dan otomatisasi sangat penting untuk ketahanan bisnis, perusahaan diharapkan mempercepat penerimaan mereka terhadap inovasi. Hal ini membuka peluang untuk menjalin kemitraan baru yang menekankan peran penting mitra layanan TI dan distributor dalam transformasi perusahaan menjadi ekosistem digital. Oleh karena itu, para mitra bisnis dan distributor TI lokal terus memainkan peran penting dalam memperluas jangkauan ke seluruh penjuru negeri dan mendorong pertumbuhan di berbagai industri.

Terkait hal itu, SMI menghadirkan solusi IBM termasuk yang berupa AI generatif untuk bisnis dan solusi infrastruktur guna memenuhi kebutuhan konsumen untuk sektor pasar komersial di Indonesia. Anak perusahaan Metrodata Group itu punya jaringan yang tersebar di 20 wilayah strategis di Indonesia yang mencakup 150 kota dan 5.200 mitra saluran. "Kami akan memperkenalkan dan memperluas jejak distribusi untuk berbagai solusi AI dan infrastruktur IBM, mulai dari foundation model, otomatisasi hingga cybersecurity dan sustainability yang didukung AI," tuturnya.

Baca juga: Berikut 6 Langkah Membuat Grafik di Excel

Terlebih lagi, pasar layanan teknologi informasi (TI) di Indonesia diperkirakan tumbuh sampai dengan US$9 miliar pada 2028. International Data Corporation (IDC) memprediksi area utama investasi teknologi informasi (TI) ialah modernisasi, infrastruktur, optimalisasi aplikasi, dan produktivitas perusahaan. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat