visitaaponce.com

KSP Klaim Regulasi Baru Gim Nasional untuk Lindungi Industri Lokal

KSP Klaim Regulasi Baru Gim Nasional untuk Lindungi Industri Lokal
Ilustrasi--Atlet esports bertanding dalam cabang gim Lokapala di semifinal rangkaian babak grand final Piala Presiden Esport 2021.(ANTARA/Fikri Yusuf)

PEMERINTAH berencana mengeluarkan regulasi baru tentang gim nasional. Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Helson Siagian mengatakan regulasi harus dibuat dengan penuh kehati-hatian dan tidak boleh merugikan pelaku industri gim lokal.

"Selama regulasi ini masih dalam tahap perancangan, tentu saja pelaku industri masih bisa memberikan masukan," ujarnya di gedung Bina Graha Jakarta, Senin (29/1).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sedang menggodok regulasi untuk pembaruan atau revisi Permenkominfo Nomor 11 tahun 2016 tentang Klasifikasi Permainan Aktif Elektronik. 

Baca juga: Gim Bleach: Soul Reaper Siap Dirilis, Praregistrasi Telah Dibuka

KSP, ujar Helson, meminta kementerian terkait memberikan waktu sosialisasi yang cukup. Ketika regulasi diberlakukan, ujarnya, tidak menimbulkan kegaduhan dengan adanya pemblokiran gim luar negeri.

Helson menegaskan pembaruan regulasi terkait gim nasional dibutuhkan karena potensi industri gim di Indonesia sangat besar. 

Mengutip data Statista, terang dia, total pendapatan pasar gim di Indonesia pada 2024 diperkirakan mencapai US$505,44 miliar. Namun, lebih dari 90% dari total pendapatan tersebut masih dikuasai industri pengembang gim asing.

Baca juga: Gim Eggy Party Gelar Acara pada 20-21 Januari

Untuk itu, sambung Helson, keberadaan regulasi untuk melindungi konsumen maupun industri gim nasional. Helson juga memastikan pemerintah berkomitmen mempercepat pengembangan ekosistem industri gim Indonesia.

Sejak 2022, ujar dia, pemerintah bersama asosiasi dan industri gim melakukan program percepatan untuk menghasilkan gim yang sukses di pasar dalam negeri dan luar negeri, seperti pengembangan sumber daya manusia yang disesuaikan dengan kebutuhan industri, akses pembiayaan, pembukaan akses pasar, dan penyediaan infrastruktur teknologi.

"Yang tak kalah penting adalah regulasi untuk proteksi," tegasnya.

Lebih lanjut, Helson meminta kepada pelaku industri gim lokal ikut aktif.

Pemerintah, sambungnya, mengapresiasi saran dan masukan pelaku industri.

"Kami minta semua ikut mengawal regulasi-regulasi dukungan percepatan ekosistem industri gim," pungkasnya. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat