visitaaponce.com

Akselerasi Pertumbuhan Indonesia dengan Kecerdasan Buatan

Akselerasi Pertumbuhan Indonesia dengan Kecerdasan Buatan
Ilustrasi.(Freepik)

PENGUATAN bisnis dan industri di Indonesia melalui teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan semakin marak. Salah satunya dilakukan Lintasarta bersama induk perusahaannya, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), dalam penyediaan teknologi cloud melalui produk Deka GPU dan didukung Nvidia.

"Kolaborasi ini untuk memperkuat platform AI Lintasarta dan bisnis para pelanggan kami," ujar Bayu Hanantasena, Presiden Direktur & CEO Lintasarta, dalam keterangan tertulis, Kamis (4/4). Kini Lintasarta memiliki 3 data center, 3 cloud infrastructure, menjangkau kurang lebih 397 kota dengan jaringan fiber optic, memiliki 1.800 lebih VSAT remote, dan memperkuat 2.400 lebih pelanggan di seluruh Indonesia.

Perusahaan yang didirikan pada 1988 itu memiliki berbagai pencapaian, seperti layanan ATM Bersama di era 1990-an. Di dekade yang sama pula, perusahaan menjadi penyedia data communications pertama di Indonesia. 

Baca juga : Kredit Rating Indonesia Siap Manfaatkan Artificial Intelligence

Merespons semakin beragam kebutuhan industri dan pelanggan akan layanan ICT, Lintasarta menciptakan berbagai produk dan layanan infrastruktur jaringan dan pendukungnya. Di awal 1990-an, perusahaan mulai membangun layanan jaringan (frame relay, internet dedicated, datacom, VSAT) dan data center. 

Memasuki era 2000-an, Lintasarta mendirikan Artajasa sebagai perusahaan penyedia jasa transaksi elektronik pertama di Indonesia dan ATM Bersama. Lintasarta kemudian meluncurkan berbagai solusi untuk industri seperti SKOTA, Collaboration, Owlexa Healthcare, Media Analytics, TPCM, e-KYC, dan LEAPS untuk solusi Managed Service. 

Di bidang konektivitas, perusahaan menghadirkan solusi jaringan cerdas SD-WAN, koneksi internet dedicated berkecepatan tinggi dan stabil, serta MPLS VPN, jaringan virtual private yang aman. Layanan cloud (Deka GPU) meliputi infrastruktur cloud yang scalable dan secure. Deka GPU yang dioptimalkan untuk komputasi intensif berbasis AI dan managed services untuk membantu pengelolaan infrastruktur cloud dengan mudah dan efisien. 

Untuk keamanan siber, Lintasarta menawarkan Managed Security Services yang kini disebut SQURA Cybersec. Semua pengembangan inovasi produk dan layanan ini dilengkapi dengan kepatuhan terhadap sertifikasi di setiap lini bisnis dan produk. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat