visitaaponce.com

Alasan Bitcoin Makin Populer di Dunia Bisnis

Alasan Bitcoin Makin Populer di Dunia Bisnis
Ilustrasi Bitcoin(AFP)

BITCOIN adalah mata uang digital atau kripto yang  terdesentralisasi memungkinkan pengguna melakukan transaksi dengan biaya rendah secara instan tanpa memerlukan pihak ketiga. Bitcoin dapat ditukar dengan dolar, euro, dan mata uang fiat lainnya di bursa penukaran.

Bagi pelaku bisnis, menerima Bitcoin dapat membuka pasar baru karena Bitcoin bersifat global dan tidak bergantung pada bank atau perusahaan kartu kredit untuk memproses transaksinya. Oleh karena itu, pertanyaan yang kemudian sering muncul adalah, “Bagaimana cara menerima Bitcoin?”

Bitcoin kini menjadi mata uang digital global yang mudah diakses, dan proses transaksinya tidak bergantung pada bank atau lembaga pihak ketiga. Apa artinya untuk bisnis? Ini adalah cara yang strategis untuk merambah pasar baru karena Bitcoin diterima di banyak negara yang tidak memungkinkan metode pembayaran konvensional. Namun sekali lagi, pertanyaannya adalah, yakni “Bagaimana cara menerima Bitcoin sebagai pembayaran?”

Baca juga : Dollar Cost Averaging Kunci Hadapi Halving Day Bitcoin

Dengan menggunakan Bitcoin, Anda dapat menerima pembayaran tanpa harus melalui lembaga keuangan. Jika berencana menerima pembayaran Bitcoin di situs web bisnis, Anda memerlukan cara untuk memproses transaksi tersebut. Di sinilah peran gateway pembayaran untuk mata uang kripto dapat dimanfaatkan.

Gateway pembayaran kripto memungkinkan pelaku bisnis untuk menerima Bitcoin dan melakukan transaksi atas nama mereka, dalam perannya sebagai pihak ketiga yang menyimpan, mengenkripsi, dan mengirimkan pembayaran. Proses menerima pembayaran mata uang digital di situs web sebenarnya tidak begitu berbeda dengan menerima kartu kredit dan debit. Gateway inilah yang mempermudah upaya Anda untuk mengomersialkan konten atau menerima donasi tanpa harus mengkhawatirkan tagihan balik atau biaya tambahan. Jadi, jika Anda ingin menerima pembayaran Bitcoin, gateway pemrosesan mata uang kripto adalah cara terbaik.

Pertama-tama, bisnis harus memiliki wallet atau dompet untuk mulai menerima pembayaran Bitcoin. Dengan dompet ini, Anda dapat menyimpan, mengirim, dan menerima Bitcoin. Karena dompet yang berbeda mempunyai kegunaan yang berbeda-beda pula, Anda perlu memiliki beberapa dompet. Misalnya, situs web mungkin memerlukan dompet yang terhubung ke internet untuk menerima pembayaran 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Perusahaan yang menangani Bitcoin dalam jumlah besar mungkin memerlukan dompet kertas fisik atau dompet perangkat keras offline jika ingin menyimpan dana dengan aman.

Baca juga : Reku: Siklus Halving Bitcoin Tahun Ini Berbeda dari Sebelumnya

Bisnis dapat membuat alamat Bitcoin yang terkait dengan dompet tersebut dan kemudian mencantumkan alamat itu di halaman pembayaran situs web dengan dompet digital. Ini memungkinkan pelanggan membayar dalam Bitcoin. Menambahkan opsi pembayaran Bitcoin ke situs web juga merupakan cara yang bagus untuk menarik pelanggan baru dan meningkatkan penjualan. Anda juga dapat menggunakan keranjang belanja online yang mendukung pembayaran Bitcoin. Ada banyak pilihan yang tersedia, jadi pastikan Anda memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah mempelajari cara pengelolaan dompet yang terbaik. Anda perlu membuat cadangan dompet, mengamankannya dengan banyak kunci enkripsi, dan selalu memperbarui dompet. Dengan mengikuti kiat-kiat ini, Bitcoin akan terlindung dan aman.

Anda perlu mempertimbangkan apakah akan memerlukan pemroses pembayaran Bitcoin, yang berfungsi sebagai perantara antara pembeli yang ingin membayar dengan Bitcoin dan Anda sebagai bisnis. Karena pemroses ini menambahkan lapisan perlindungan ekstra, Bitcoin yang dimiliki perusahaan Anda masih dapat dipulihkan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Selain itu, Anda dapat memilih untuk memegang Bitcoin tersebut atau mengkonversinya ke mata uang fiat.

Baca juga : Menjelang Momen ETF, Harga Bitcoin Naik 150% di Platform Triv

Keuntungan lain dari metode pembayaran ini adalah tidak ada tagihan balik atau biaya yang perlu dikhawatirkan. Risiko dengan pembayaran kartu kredit adalah selalu ada kemungkinan klien akan membatalkan pembelian dengan menghubungi bank atau penyedia kartu kreditnya untuk mengklaim bahwa transaksi tersebut tidak sah, dan akibatnya Anda akan kehilangan penjualan. Dengan menerima pembayaran Bitcoin, risiko ini dapat dihindari sepenuhnya.

Bitcoin juga memungkinkan Anda berbisnis dengan pelanggan di seluruh dunia tanpa mengkhawatirkan nilai tukar. Misalnya, Anda dapat bertransaksi dengan pelanggan di Jepang yang ingin membayar dalam mata uang lokalnya. Dalam hal ini, Bitcoin akan otomatis mengkonversinya ke mata uang nasional Anda sendiri, jadi tidak perlu khawatir lagi tentang penukaran mata uang atau biaya tambahan untuk layanan ini. Dengan demikian, Anda dapat berbisnis dengan pelanggan dari negara lain dengan proses yang lebih sederhana dan hemat biaya.

Terakhir, seiring dengan semakin populernya Bitcoin dan nilainya yang terus meningkat, kemungkinan besar akan makin banyak pula pelanggan yang ingin menggunakannya sebagai cara pembayaran. Jadi, jika Anda mulai menerima Bitcoin sekarang, Anda akan menjadi yang terdepan dan siap untuk sukses di masa depan.(Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat