visitaaponce.com

Bersiap Wisata Libur Imlek Ini Rekomendasi Destinasinya

Bersiap Wisata Libur Imlek? Ini Rekomendasi Destinasinya
Wihara Dharma Bhakti, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta, bersiap menyambut Imlek 2024.(MI/ Usman Iskandar)

TAHUN baru Imlek 2024 (2575) akan jatuh Sabtu, 10 Februari, dan pemerintah menetapkan cuti bersama sehari sebelumnya. Libur tiga hari bisa dimanfaatkan untuk healing ke berbagai destinasi wisata.

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, beberapa waktu lalu,  mengungkapkan telah menyiapkan sejumlah destinasi wisata yang dapat dikunjungi selama libur Imlek 2024.

Baca juga : Libur Imlek 2024, Wisatawan Tiongkok Pilih Bali Sebagai Destinasi Wisata

 

Peta perjalanan itu meliputi destinasi wisata Jakarta, Surakarta (Solo), Semarang, Palembang, dan Singkawang, Kalimantan Barat. Di kota-kota ini terdapat kawasan pecinan sehingga wisatawan dapat mengeksplorasi ragam budaya Tionghoa, termasuk kuliner, arsitektur, hingga seni budaya lainnya.

 

Baca juga : 5 Rekomendasi Destinasi Wisata Libur Imlek 

Di Jakarta, kawasan pecinaan Glodok-Petak Sembilan menjadi rekomendasi utama. Kawasan tersebut memiliki banyak situs wisata sejarah dan religi seperti Klenteng Toa Se Bio dan Jin De Yuan, Pasar Petak Sembilan, Gang Gloria, dan acara Kirab Toa Pe Kong.

 

Jika anda ingin mengunjungi budaya Tionghoa di Kota Semarang maka kunjungilah kawasan Kauman yang kerap menggelar arak-arakan patung Sam Poo Kong.  Di Solo, wisata pecinan menarik ada di Pasar Gede yang juga menyajikan atraksi Grebek Sudiro pada 28 Januari hingga 10 Februari 2024.

Baca juga : Konflik Internal Klenteng Kwan Sing Bio Tuban Berakhir Damai

 

Grebeg Sudiro adalah adalah ritual budaya untuk menjunjung nasionalisme, pluralisme, kebhinekaan dan intervensi sosial yang menggabungkan budaya Jawa dan budaya Tionghoa. Pada tahun ini, Grebeg Sudiro mengambil tema "Bersatu dalam Kebhinekaan".

 

Baca juga : Bung Sentil Berkah Imlek

Di luar pulau Jawa, wisman dan wisnus pantas mengunjungi Palembang, Sumatera Selatan. Di sana terdapat wisata Pulau Kemaro yang memiliki daya tarik tradisi kesenian barongsai serta bangunan heritage yang khas dengan budaya Tiongkok.

 

Destinasi wisata terakhir yang menurut Sandiaga patut dikunjungi pelancong untuk mengisi liburan Tahun Baru Imlek adalah Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Singkawang menjadi kota dengan mayoritas China Indonesia terbesar di Indonesia dengan julukan Kota Seribu Kelenteng.

Baca juga : Dinkes Pangkalpinang, Lakukan Tes Covid di Perbatasan

 

“Dan Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 mempersembahkan festival Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat,“ ujarnya. (M-1)

Baca juga : Jumlah Kasus Covid-19 Kerap Bertambah saat Libur Panjang

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat