visitaaponce.com

5 Rekomendasi Destinasi Wisata Libur Imlek

5 Rekomendasi Destinasi Wisata Libur Imlek 
Kawasan Pecinan Glodok, Petak Sembilan, Jakarta.(MI/Ramdani)

PERAYAAN tahun baru imlek tinggal 10 hari lagi. Tahun Baru Imlek 2575 bakal berlangsung pada 10 Februari 2024 mendatang. Simak rekomendasi destinasi wisata libur Imlek berikut ini.

Dalam menyambut Tahun baru Imlek 2575, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah destinasi wisata yang dapat dikunjungi selama perayaan libur Tahun Baru Imlek 2024.

Dikatakan Sandiaga, libur panjang menyambut Tahun Baru Imlek mempunyai potensi besar dalam mendatangkan wisatawan mancanegara dan pergerakan wisatawan nusantara. 

Baca juga : Tiongkok-Singapura Bebas Visa Mulai 9 Februari 2024

Tahun ini, Kemenparekraf menargetkan 14,3 juta wisman merayakan libur tahun baru Imlek di Indonesia.

“Pemerintah tahun 2024 ini menargetkan kunjungan 14,3 juta wisman dan 1,2 miliar sampai 1,5 miliar pergerakan wisnus, kami telah membuat peta perjalanan yang meliputi destinasi wisata Jakarta, Surakarta (Solo), Semarang, Palembang, dan Singkawang,” ujarnya, Rabu (31/1).

Baca juga : Paket Wisata Jual Murah Bali Marak di Tiongkok, Dihargai Rp2 Juta untuk 5 Hari

Berikut ini rekomendasi wisata saat libur Imlek

1. Glodok-Petak Sembilan, Jakarta 

Pedagang Pernak Pernik Imlek Penuhi Trotoar Glodok. MI/Ramdani

 

Sandiaga menjelaskan, kawasan Pecinan yang merupakan salah satu kawasan wisata populer yang ada di setiap kota di Indonesia, memiliki keunikan khas dan menarik perhatian banyak wisatawan.

Di Pecinan, ragam budaya Tionghoa terasa sangat kental, mulai dari pintu gerbang, bangunan, heritage, tempat ibadah, aksesori, hingga kuliner.

Di Jakarta misalnya, Sandiaga merekomendasikan Wisman dan Wisnus untuk mengunjungi kawasan pecinaan Glodok-Petak Sembilan. Kawasan tersebut memiliki banyak situs wisata sejarah dan religi seperti Klenteng Toa Se Bio dan Jin De Yuan, Pasar Petak Sembilan, Gang Gloria, dan acara Kirab Toa Pe Kong.

Baca juga : Inilah Empat Spot Paling Instagramable di Hangzhou, Tiongkok

2. Kauman, Semarang

Kota Semarang, menjadi kota lainnya yang bisa dikunjungi untuk mengisi libur Tahun Baru Imlek, Sandiaga menyebut, ada kawasan Kauman, Semarang Tengah yang terdapat destinasi Pecinan dengan arak-arakan patung Sam Poo Kong serta beberapa titik lain yang juga menyelenggarakan festival.

3. Pasar Gede, Solo

Destinasi wisata ketiga yang menjadi rekomendasi Sandiaga adalah Solo, Jawa Tengah. Di sana Wisman dan Wisnus dapat mengunjungi desa wisata Pecinan di Pasar Gede yang juga menyajikan atraksi Grebek Sudiro pada 28 Januari hingga 10 Februari yang rencananya akan dihadirinya pula.

Grebeg Sudiro adalah adalah ritual budaya untuk menjunjung nasionalisme, pluralisme, kebhinekaan dan intervensi sosial yang menggabungkan budaya Jawa dan budaya Tionghoa. Pada tahun ini, Grebeg Sudiro mengambil tema "Bersatu dalam Kebhinekaan".

Baca juga : Alfeandra Dewangga Ikut Perkuat Timnas Asian Games

4. Pulau Kemaro, Palembang

Di luar pulau Jawa, Sandiaga merekomendasikan wisman dan wisnus mengunjungi Palembang, Sumatera Selatan. Disana terdapat wisata pulau kemaro yang memiliki daya tarik tradisi kesenian barongsai serta bangunan heritage yang khas dengan budaya Tiongkok.

5. Singkawang, Kalimantan Barat

Dua tatung (orang yang kerasukan arwah leluhur) mengikuti karnaval perayaan Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat. Perayaan Cap Go Meh yang dilaksanakan pada hari ke-15 Imlek tersebut dimeriahkan atraksi para tatung sebagai salah satu agenda untuk menarik wisatawan di Singkawang. ANTARA/Wahyu Putro A

 

Destinasi wisata terakhir yang menurut Sandiaga patut dikunjungi pelancong untuk mengisi liburan Tahun Baru Imlek adalah Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Singkawang menjadi kota dengan mayoritas China Indonesia terbesar di Indonesia dengan julukan Kota Seribu Kelenteng.

“Dan Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 mempersembahkan festival Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat,“ ujarnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat