visitaaponce.com

Dodol Tenjo Boga Rasa Jadi Produk Unggulan di Kabupaten Bogor

Dodol Tenjo Boga Rasa Jadi Produk Unggulan di Kabupaten Bogor
Pemilik Dodol Tenjo Boga Rasa Egi Mardani(MI/Despian Nurhidayat)

Dodol merupakan penganan atau kudapan tradisional yang banyak terdapat di beberapa daerah Indonesia seperti Garut, Jakarta, Semarang, dan daerah lainnya. Namun, di Tenjo, Kabupaten Bogor, yang letaknya berada di perbatasan antara Bogor dan Banten, terdapat dodol yang tidak kalah lezat dan juga penuh cita rasa dibandingkan dodol lainnya di Indonesia.

Dodol Tenjo Boga Rasa namanya, yang menjadi salah satu produk UMKM unggulan di Tenjo, Kabupaten Bogor. Egi Mardani selaku pemilik bercerita bahwa dodol yang diciptakan oleh sang ibu sudah dikembangkan sejak 1999.

“Jadi ibu itu sebetulnya suka wirausaha gitu dari dulu. Tadinya bukan cuma dodol, ada usaha lain agen minyak tanah misalnya dan lainnya tapi yang berjalannya ya dodol. Perjalanan untuk menemukan resep juga baru ketemu 10 tahun terakhir ini. Jadi sebelumnya kita nerka-nerka aja sama nanyain ke pelanggan kurangnya apa aja,” ungkapnya saat diwawancarai Media Indonesia, Selasa (19/3).

Baca juga : Pakaian Keluarga Jadi Kekuatan Huggy Boo

Lebih lanjut, Egi menambahkan bahwa setelah melalui perjalanan panjang, resep rahasia dari Dodol Tenjo Boga Rasa kini sudah menemukan pakemnya. Alhasil, cita rasa dodol tersebut kini banyak digandrungi.

“Dodol Tenjo itu kelebihannya tekstur berbeda banget. Hampir setiap orang itu bilang beda. Kedua soal rasa. Kita pakai gula aren dan bukan pakai kelapa. Kita juga enggak pakai bahan pengawet jadi cuma bisa tahan 2 minggu saja,” tegas Egi.

Dalam bulan tertentu, seperi Ramadan, Imlek dan lainnya Dodol Tenjo Boga Rasa dikatakan selalu ramai peminat. Hal ini yang membuat omzet dari produknya bisa mencapai ratusan juta dalam satu tahun dikarenakan tingginya permintaan di waktu-waktu tertentu.

Baca juga : Huggy Boo Sulap Pandemi Jadi Berkah

Egi menyadari potensi produk dodol yang dia ciptakan sangat bagus. Maka dari itu, sebagai nasabah BRI, dia memberanikan diri untuk ikut mendaftar program Brilianpreneur 2023.

“Alhamdulillah saat itu saya lolos dan tujuan saya ikut ini cuma satu sih yaitu pengen tampil dan menunjukkan di Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor itu ada loh produk dodol yang punya ciri khas beda,” ujarnya.

Dalam ajang Brilianpreneur 2023 tersebut, Egi bercerita bahwa dia mendapatkan tawaran untuk melakukan ekspor produknya. Namun sayang, tawaran itu harus dia tolak.

Baca juga : Berkat Agrowisata, Berkah Desa Benteng tidak Terputus

“Dodol ini tuh enggak cocok buat ekspor. Karena kita enggak pakai bahan pengawet cuma bisa 2 minggu. Sebenarnya bisa kuat 1 bulan tapi teksturnya beda. Jadi saya menyarankannya 1-2 minggu. Jadi belum bisa ekspor. Saya mau menjaga kualitas produknya dan enggak mau bikin orang kecewa,” tegas Egi.

Kendati tidak dapat menempul jalur ekspor, di dalam negeri Dodol Tenjo Boga Rasa sudah menjangkau di hampir semua wilayah Indonesia baik itu Sulawesi, Sumatra, Kalimantan dan lainnya.

Tidak jarang juga dodolnya dijadikan buah tangan bagi orang-orang yang tinggal di luar negeri seperti dibawakan orangtua untuk anaknya yang berkuliah di luar negeri, perjalanan umrah, dan sebagainya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat