visitaaponce.com

Fotografer ini Berhasil Abadikan Tarian Kosmik Bulan

Fotografer ini Berhasil Abadikan Tarian Kosmik Bulan
Penampakan bulan purnama di Montevideo, Uruguay pada malam tahun baru(Mariana SUAREZ / AFP)

Fotografer Andrew McCarthy menghabiskan 22 hari mengambil ribuan foto Bulan, mulai dari kemunculannya, mencapai orbit penuhnya, hingga ketika benda langit itu memudar dan menghilang.

Usaha ini ia lakukan untuk menunjukkan pergerakan tepat Bulan saat berada di langit selama satu periode lunar (satu bulan dalam kalender lunar).

Saat mengompresi ribuan foto Bulan yang ia dapatkan menjadi video berdurasi 40 detik, Andrew mengaku terkejut mendapati objek yang difotonya itu justru bergoyang.

Goyangan ini ternyata merupakan fenomena kosmik yang disebut 'libration', yang diakibatkan oleh perubahan sudut (orbit edar) saat Bulan berevolusi mengitari Bumi.

"Bulan itu sendiri sebenarnya tidak bergoyang, ia hanya mengorbit. Namun, sisi yang kita lihat sedikit bergeser karena orbitnya yang bersudut elips, sehingga Anda seakan melihatnya bergoyang," papar Andrew seperti dilansir dailymail.co.uk, Jumat (8/1).

Klip video 40 detik itu pun ia unggah di akun instagram pribadinya beserta sebuah narasi yang menceritakan pengalamannya saat merekam secara tidak sengaja fenomena unik pada Bulan, yang kemudian ia sebut 'Tarian kosmik'.

"Selama sebulan terakhir, saya mengerjakan proyek terbesar saya sejauh ini, yaitu sebuah upaya untuk benar-benar memamerkan bentuk bulat bulan," tulisnya.

"Setiap malam, saya memotret Bulan dan menghasilkan gambar beresolusi tinggi. Saya berhasil menangkap 'libration' yang merupakan goyangan bulan kita," imbuhnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat