visitaaponce.com

Jurus Agar Tubuh Aman Saat Konsumsi Daging

Jurus Agar Tubuh Aman Saat Konsumsi Daging
Perayaan Idul Adha identik dengan hidangan sarat daging.(123RF )


Perayaan Idul Adha identik dengan hidangan sarat daging dan lemak. Jika dikonsumsi berlebihan, atau dalam waktu makan berturut-turut, bukan tidak mungkin berdampak pada tubuh. 

Menurut pakar nutrisi Juliot Vinolia, ahli nutrisi di RS Medeor, makan daging merah berlebihan dapat membebani tubuh. Sebab, tubuh perlu waktu lebih lama untuk mencerna daging. 

Berikut ini tips untuk mencegah timbulnya ketidaknyamanan bagi tubuh saat kita mengonsumsi daging merah:

Pastikan untuk menambahkan banyak salad segar, dan buah-buahan dalam makanan dan sup Anda. Makanlah ini terlebih dahulu sebagai makanan pembuka. Serat tinggi dalam makanan ini akan membuat Anda kenyang secara alami. Ini juga membuat Anda terhidrasi dengan baik sehingga menyisakan lebih sedikit ruang untuk hidangan daging.

Pastikan Anda terhidrasi dengan baik dan meminum setidaknya tiga liter air dalam sehari. Mayo Clinic menyatakan, air membantu memecah makanan yang dicerna, memungkinkan nutrisinya diserap oleh tubuh. Baik usus besar dan kecil menyerap air dan ini membantu pencernaan dan penyerapan yang memungkinkan nutrisi dipecah dengan baik dan diasimilasi ke dalam tubuh.

Pastikan daging direndam dengan baik (setidaknya 7-8 jam) saat marinasi, dan memasak dengan api kecil (seperti dalam semur) membantu pencernaan daging. Daging domba yang baru dipotong cenderung lebih keras dan kaku sehingga memperlambat pencernaan.

Jika Anda memiliki penyakit kardiovaskular atau kolesterol, hindari makan daging. Jika Anda mengonsumsinya, berhati-hatilah untuk membatasi konsumsi Anda dalam porsi kecil. 

Seimbangkan asupan lemak, protein dan karbohidrat. Karbohidrat yang tidak diproses, padat dan kompleks harus lebih dari 50 persen dari ukuran makanan Anda, protein 30 persen dan lemak 20 persen. Jika seseorang mampu menjaga proporsi ini, untuk mempromosikan makan sehat. 

Kurangi soda, minuman manis dan makanan penutup karena semua kelebihan gula akan disimpan sebagai lemak di dalam tubuh. Dengan daging, seseorang sudah menelan lebih banyak lemak melalui metode memasak yang membutuhkan lebih banyak minyak. Jadi kita harus mencoba meminimalkan sumber lemak lain. 

Menjalankan kebiasaan berolahraga minimal 45 menit, kombinasi kardio dan angkat beban setiap hari selama musim perayaan untuk membakar kelebihan kalori dan memanfaatkan nutrisi secara optimal dalam latihan pembentukan otot dan stamina. (GulfNews/M-2)? 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat