visitaaponce.com

Keseringan Buang Air Kecil tidak Baik untuk Kesehatan

Keseringan Buang Air Kecil tidak Baik untuk Kesehatan
Ilustrasi: Toilet pria( Unsplash.com/Help Stay)

Seorang ahli rehabilitasi medis, Dr. Alicia Jeffrey-Thomas mengatakan sebaiknya seseorang mambatasi jumlah aktivitas buang air kecil saat malam hari untuk membantu melatih kandung kemih yang berdampak pada kesehatan tubuh.  

Dalam unggahan sebuah video TikTok berjudul “How to Train Your Bladder”, Dr. Alicia menyarankan untuk tidak pergi ke kamar mandi lebih dari 3-4 kali pada siang hari dan minimal 2 kali saja untuk menghindari gangguan sinyal pada otak.

“Idealnya, kita tidak boleh bangun di malam hari, dan hanya boleh buang air kecil sebanyak 2 hingga 4 kali saja di siang hari,” jelas Dr. Alicia , seperti dilansir Express.co.uk pada Kamis (9/6).

Pantangan tersebut memiliki sadar alasan yang bermuara pada sinyal otak karena saat orang tidak bisa menahan buang air kecil, justru semakin membuat otak mengirim sinyal supaya lebih sering buang air kecil ke kamar mandi.

Alicia merekomendasikan orang-orang yang merasa sangat ingin buang air kecil sebelum keluar rumah atau saat tengah malam, sebaiknya terus melatih kandung kemih.  

“Di sinilah peran penting dari arti melatih kandung kemih dan teknik penekanan dorongan,” imbuhnya.

Ugensi dari sistem dorongan pada kandung kemih ini seperti gelombang. Saat kandung kemih terus terisi, maka intensitas perasaan ingin ke kamar mandi pun semakin meningkat. Perasaan ini secara bertahap akan tumbuh, akan tetapi akan kembali turun dan stabil. Latihan itu bertujuan untuk menunggangi perasaan yang ingin terus ke kamar mandi.

Menurut berbagai badan kesehatan, buang air kecil di malam hari dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

“Nocturnia atau sebuah kebiasaan (buang air kecil di malam hari) dapat memiliki konsekuensi kesehatan yang signifikan bagi tubuh,” jelas The Sleep Foundation.

Hal ini berhubungan dengan masalah mendasar yang serius, karena ke kamar mandi di malam hari dapat mengganggu dan menambah masalah kesehata tubuh. Menurut platform kesehatan, orang-orang yang sering buang air kecil di malam hari, bisa terkena risiko patah tulang sebesar 50%

Sementara itu, menurut Cleveland Clinic, faktor-faktor lain seperti infeksi kandung kemih, infeksi saluran kemih berulang, atau peradangan kandung kemih, memperkuat pernyataan untuk tidak terlalu sering buang air kecil ke kamar mandi di malam hari.

Secara normal, tubuh manusia akan buang air kecil sebanyak 6-8 kali dalam 24 jam. Biasanya orang yang lebih sering ke kamar mandi disebabkan terlalu banyak mengonsumi cairan dan kafein yang berfungsi seperti obat diuretic (sebuah obat yang digunakan untuk membuang kelebihan garam dan air dari dalam tubuh melalui urine).

Meskipun demikian, terkadang buang air kecil yang berlebihan dapat menandakan kondisi kesehatan Anda sedang tidak baik atau sebuah tanda dari penyakit diabetes. Jadi sebaiknya jangan mengabaikan tanda tersebut jika hal itu terus berlanjut. (M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat