visitaaponce.com

Sebaiknya Jangan Mempotong Alpukat dengan Pisau Logam, ini Alasannya

Sebaiknya Jangan Mempotong Alpukat dengan Pisau Logam, ini Alasannya
buah alpukat(Unsplash.com/Gil Ndjouwou)

Apabila Anda ingin memotong atau mengupas alpukat, pikirkan pisau mana yang harus digunakan. Pasalnya, bahan alat yang Anda gunakan sama pentingnya dengan ukurannya untuk menyelesaikan pekerjaan dengan benar.  

Percaya atau tidak, menggunakan pisau logam untuk mengiris alpukat mungkin merupakan salah satu kesalahan dapur paling umum yang dilakukan tanpa disadari.

Melansir dari Tasting Table, situs makanan dan minuman, Sabtu (30/7), mengiris dengan pisau logam akan mempercepat kecokelatan buah alpukat yang bakal Anda simpan sisanya.  Lain halnya jika Anda berencana untuk mengonsumsi  seluruh alpukat sekaligus hari itu juga, mungkin tidak terlalu masalah. Karena pisau stainless steel (besi tahan karat) mengandung tembaga dan besi. Logam ini mengaktifkan enzim dalam alpukat yang menyebabkan daging buah menjadi cokelat dengan adanya oksigen. 

Mengiris alpukat dengan pisau logam mempercepat proses pencoklatan, yang dapat menyebabkan alpukat menjadi busuk sebelum waktunya.  Menurut ahli biokimia Anne Marie Helmenstine, Ph.D,  proses ini disebut "oksidasi", dan itu terjadi ketika molekul atau atom terpapar pada tingkat oksigen yang meningkat dan mulai kehilangan elektron.

Untuk mencegah reaksi ini yang mengubah alpukat menjadi cokelat berbintik-bintik, Nick Stellino, koki selebritas dan pembawa acara "Storyteller in the Kitchen," merekomendasikan untuk memotong alpukat tersebut dengan pisau plastik atau keramik.

"Pencoklatan adalah reaksi alami yang akan terjadi dan tidak mungkin dihentikan. Namun, pisau logam, khususnya yang mengandung unsur tembaga dan besi, akan memulai proses pencoklatan sedikit lebih cepat daripada yang terbuat dari plastik atau keramik," katanya, seperti dikutip dari majalah Reader’s Digest. (M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat