visitaaponce.com

Berjalan Kaki Selama 5 Menit Setiap Setengah Jam Baik untuk Kesehatan

 Berjalan Kaki Selama 5 Menit Setiap Setengah Jam Baik untuk Kesehatan
ilustrasi: Berjalan kaki(unsplash.com/ Linh Nguyen)

Para peneliti dari Columbia University, AS  mengatakan jalan kaki selama lima menit setiap setengah jam berdampak baik untuk kesehatan. Menurut mereka aktiviitas tersebut dapat menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah.  

Studi tersebut juga aktivitas ini dapat mengurangi lonjakan gula darah hingga hampir 60% jika dibandingkan dengan orang yang duduk sepanjang hari. "Tindakan ini juga mengurangi rasa lelah dan secara signifikan meningkatkan suasana hati Anda," kata tim peneliti.

Sebanyak 11 peserta dalam penelitian tersebut duduk di kursi ergonomis selama delapan jam dan diinstruksikan kapan harus istirahat dan berjalan. Mereka mengambil bagian dalam lima tahap uji coba yang berbeda, berjalan selama satu menit setiap 30 menit duduk, satu menit setelah 60 menit, lima menit setiap 30 menit, lima menit setiap 60 menit, atau tidak berjalan sama sekali.

"Jika kami tidak membandingkan beberapa pilihan dan memvariasikan frekuensi dan durasi latihan, kami hanya akan dapat memberi orang tebakan terbaik kami tentang rutinitas optimal," kata penulis utama studi Keith Diaz, PhD, profesor asosiasi di Columbia University Vagelos College of Physicians and Surgeons, seperti dikutip dari situs Study Finds, Kamis (12/1).

Selama penelitian, para peserta diizinkan untuk bekerja dengan laptop, membaca buku, dan menggunakan ponsel mereka, serta diberi makan.

Setelah menyelesaikan semua tes, terungkap bahwa jumlah gerakan optimal adalah berjalan selama lima menit setiap 30 menit duduk.  Istirahat jalan kaki setiap 30 menit selama satu menit juga memberikan manfaat sederhana untuk kadar gula darah sepanjang hari.

Namun, berjalan kaki setiap 60 menit selama satu menit atau lima menit tidak memberikan dampak positif.  Para peneliti menemukan bahwa berjalan secara signifikan mengurangi tekanan darah empat hingga lima mm/Hg jika dibandingkan dengan duduk sepanjang hari.

“Ini adalah penurunan yang cukup besar, sebanding dengan pengurangan yang Anda harapkan dari berolahraga setiap hari selama enam bulan,” kata Diaz.

"Anda perlu bergerak secara teratur di tempat kerja, selain rutinitas olahraga harian. Temuan kami menunjukkan bahwa berjalan kaki dalam jumlah sedikit pun dapat secara signifikan menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya," ungkap penulis studi.(M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat