visitaaponce.com

Gulo Puan, Hidangan Bangsawan Palembang yang Mulai Langka

Gulo Puan, Hidangan Bangsawan Palembang yang Mulai Langka
Gulo Puan(ANTARA FOTO/Feny Selly)

GULO puan merupakan salah satu kuliner khas dari kota Palembang, Sumatra Selatan. Panganan ini memiliki rasa manis gurih, bertekstur lembut dan berpasir dengan warna kecokelatan. 

Gulo dalam bahasa Palembang artinya gula, sedangkan puan berarti susu. Jadi gulo puan ini berarti gula susu. Susu yang digunakan tak sembarang yakni susu kerbau rawa. 

Akan tetapi seiring perkembangan zaman, populasi kerbau rawa mulai langka sehingga ada yang menggunakan susu sapi dan kambing sebagai penggantinya. 

Dilansir dari laman resmi Indonesia.go.id, Gulo puan dengan cita rasa yang khas ini dulunya adalah makanan istimewa yang menjadi kegemaran sultan dan bangsawan Melayu di Kabupaten OKI dan Kota Palembang.

Kelezatan Gulo puan mampu menjadikannya sebagai kudapan termahal kala itu, bahkan kerap dijadikan upeti oleh para adipati di Palembang untuk diserahkan langsung kepada sultan.

Setelah merdeka, gulo puan jadi makanan yang bisa dikonsumsi semua kalangan masyarakat di bumi Sriwijaya. Biasanya Gulo puan dapat dinikmati dengan teh atau kopi, tetapi enak juga bila dijadikan olesan roti dan disantap secara bersamaan. Gulo Puan juga bisa dinikmati bersama pisang goreng serta menjadi bahan baku pembuatan kue. 

Saat ini, produsen gulo puan bisa ditemui di sisi Kota Palembang di daerah Ogan Komering Ilir. Sekilas, gulo puan mirip gula aren, tapi rasa dari camilan manis ini lebih mirip keju yang manis. Berbahan utama susu kerbau menjadikan rasa gulo puan seperti permen susu.

Bahan dan proses pembuatan yang cukup lama membuat gulo puan sangat istimewa dan memiliki harga cukup mahal. Apalagi kini, populasi kerbau kian sedikit, sehingga susu yang dihasilkan pun terbatas. Harga gulo puan kini dibanderol sekitar Rp80 ribu hingga Rp150 ribu per kg. 

Jika dilihat dari kandungan, ternyata susu kerbau rawa memiliki protein lebih tinggi daripada susu sapi. Kandungan inilah yang membuat susu kerbau rawa dapat diolah menjadi bahan untuk gulo puan. Meskipun tidak semua orang dapat membuat kue ini. Namun tak ada salahnya jika ingin mencobanya dengan resep berikut ini: 

Bahan:

- 5 liter susu kerbau rawa/sapi/kambing (sesuai selera) 
- 1 kg gula merah dimasak dengan api kecil
- 250 gram gula pasir
- 5 lembar daun pandan 

Cara Pembuatan: 

- Campurkan susu kerbau rawa dengan gula merah, gula pasir dan daun pandan. Tuang dalam wajan yang sudah dipanaskan. 

- Rebus adonan selama 5 jam sambil diaduk rata dan teratur guna mendapatkan hasil yang maksimal, kurang lebih seperti mengaduk dodol.

- Angkat adonan jika adonan telah mengental dan mengering berwarna kecoklatan. Lalu siap dicetak sesuai dengan selera.

Selamat Mencoba! (M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat