visitaaponce.com

Surau dan Kincir Air di Film Buya Hamka untuk Hidupkan Cerita

MENDEKATI jadwal penayangan film Buya Hamka di bioskop pada 20 April 2023, sejumlah fakta menarik mengenai proses syuting diungkap sutradara Fajar Bustomi. Salah satunya terkait pembangunan set lokasi syuting Hamka di Payakumbuh, Sumatra Barat. 

Film yang disutradai Fajar Bustomi ini diklaim memakan biaya produksi yang besar, salah satunya diperuntukkan membangun set berupa surau (musala) dan kincir air.

Set tersebut dibangun dalam rangka kebutuhan scene untuk menghidupkan dunia Hamka kala masih muda dalam film yang dibintangi Vino G Bastian dan Laudya Cynthia Bella itu. Pembangunan ini menjadi bukti keseriusan rumah produksi Starvision dan Falcon Pictures dalam menghidupkan cerita. 

Sutradara film Dilan 1990 itu mengungkap untuk membangun surau dan kincir angin yang menyatu dengan sungai berikut perbukitan dibutuhkan waktu sebulan. 

"Lokasi syuting ini dipersiapkan selama 30 hari, yang digunakan untuk masa syuting sekitar 7 hari," kata Fajar Bustomi, Selasa (28/3).

Lebih lanjut, Fajar mengenang ada sejumlah kendala saat timnya membangun kincir angin di sungai. Hal itu tidak mudah lantaran derasnya arus air yang membuat posisi kincir angin bergeser. 

"Sehingga saat syuting, kru tata artistik harus menyelam dan memutar kincir secara manual. Lokasi ini berada di salah satu kawasan di Payakumbuh, Sumatra Barat," ucap Fajar.

Baca juga: Totalitas, Film Buya Hamka Bangun Surau dan Kincir AirTotalitas, Film Buya Hamka Bangun Surau dan Kincir Air

Set ini dibangun untuk mendukung adegan saat Buya Hamka masih belia berusia belasan tahun. Surau dan kincir angin ini menjadi saksi Buya Hamka muda bertumbuh sembari belajar banyak hal dari agama hingga pencak silat. Penonton akan diajak untuk berkaca pada kegigihan sang tokoh pahlawan nasional itu.

"Semua ini demi hasil akhir yang memuaskan. Dengan latar perbukitan yang indah, mendukung sudut pengambilan gambar yang akan memanjakan mata," tutur Fajar.

Film Buya Hamka yang diperankan oleh Vino G. Bastian dan Laudya Chintya Bella, film ini juga diperkuat oleh sederet aktor dan aktris ternama seperti Dessy Ratnasari, Donny Damara, Reza Rahadian, Ayu Laksmi, Anjasmara, Marthino Lio, Reybong, Mawar De Jongh, Mathias Muchus Verdi Solaeman, Teuku Rifnu Wikana, Ben Kasyafani, Wafda Lubis, Ferry Salim, Donny Kesuma, Cok Simbara, Roy Sungkono, Yoriko Angeline, Ajil Ditto, Zayyan Sakha, dan Yoga Pratama.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat