visitaaponce.com

Restoran Kaki Lima Potter Coffee Brewers Jadi Obat Rindu Kuliner Nusantara

Restoran Kaki Lima & Potter Coffee Brewers Jadi Obat Rindu Kuliner Nusantara
Peresmian Restoran Kaki Lima & Potter Coffee Brewers di Melbourne, Australia.(DOK IST)

UNTUK warga negara Indonesia (WNI) yang sedang merantau di Melbourne, Australia, bisa mengunjungi Restoran Kaki Lima & Potter Coffee Brewers. Rumah makan itu didirikan oleh Jonas Jia Christian, WNI, bersama 4 rekannya, yaitu Jayson Lee, Kai Muljadi, Evan Ramaputra, dan Repson Lim.

Kehadiran Restoran Kaki Lima & Potter Coffee Brewers yang lokasinya di seberang untuk balapan F1, Sirkuit Albert Park, diharapakan bisa menjadi pengobat rindu makanan nusantara bagi para perantau di Negeri Kanguru dan mengenalkan kuliner Indonesia bagi warga Australia.

Jonas dan rekannya mendirikan restoran tersebut di bawah naungan badan usaha Eight Culinary Prosperity Pty Ltd yang digawangi oleh Dustin Timothy Santoso, Joseph Sentoso, Rafael Matthew Liem, Vincent Harney, dan Davin Salim.

Baca juga: Ngabuburit dengan Nonton Dokumenter Kuliner Nusantara

Rumah makan tersebut diresmikan langsung oleh Konsulat Jenderal RI untuk Victoria & Tasmania Kuncoro Waseso dan dihadiri oleh eks Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana dan seluruh jajaran KJRI Melbourne.

Jonas dkk yang merupakan lulusan Melbourne University dan Monash University 2022 mendirikan restoran itu diawali dari sebuah idealisme cinta bangsa. Mereka yang biasa dimanja dengan cita rasa Nusantara harus mengubah kebiasaan karena menuntut ilmu di Australia. Namun, makanan barat yang banyak dijumpai di Australia tetap tidak bisa mengalahkan cita rasa kuliner Tanah Air.

"Saya berpikir keras apa yang bisa saya dan teman-teman di Melbourne sini sumbangkan untuk bangsa kita, sesuatu yang tidak rumit, tapi sederhana yang bisa membuat masyarakat di sini mengenal negara kita, Indonesia secara langsung," kata Jonas melalui keterangannya, Sabtu (1/4).

Baca juga: Ngabuburit dengan Nonton Dokumenter Kuliner Nusantara

"Lantas saya dan teman-teman berpikir, why not kita buat bisnis di bidang kulineri saja, maka lahirlah UMKM ini," imbuhnya.

Diungkapkan Jonas, produk yang jadi unggulan antara lain Nasi Crispy Chicken Rendang, Crazy Rice atau Nasi Gila, Nasi Manado Grilled Fish Rica-Rica, Volcano Chicken (Ayam Geprek), Indonesian Butter Chicken, Corn-Vegie Fritter (Gorengan Bala-bala).

Selain itu, juga ada berbagai cita rasa kopi Nusantara yang terkenal, baik Kopi Tapanuli dengan wine coffee, Kopi Kalimantan, dan Kopi Flores.

Sementara itu, Kuncoro mengatakan pemerintah mendukung penuh para anak bangsa yang berupaya membuka usaha di luar negeri. Langkah tersebut tentu akan semakin mengenalkan Indonesia di kancah internasional.

"Kita berharap melalui kreativitas para pemuda ini bisa memberikan dampak positif bagi Indonesia," kata Kuncoro. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat