visitaaponce.com

Beban Inflasi Mengikis Tradisi Masyarakat Desa di Mesir

Beban Inflasi Mengikis Tradisi Masyarakat Desa di Mesir
Acara pernikahan di sebuah desa di Mesir. Krisis ekonomi membuat perayaansemacam itu tidak lagi berlangsung mewah(Mohamed el-Shahed / AFP)

Sejumlah tradisi seperti acara kenduri pascakematian, pernikahan mewah dan berlangsung selama beberapa hari, serta ritual lainnya yang biasa digelar di pedesaan Mesir selama berabad-abad, kini semakin jarang terlihat.

Krisis ekonomi yang terjadi di negara itu, telah mengikis ritual tersebut. Beban inflasi tahunan yang mencapai 33,9% per Maret lalu, telah menghapus tradisi perkawinan dan upacara berkabung yang dulu sangat dihargai.

Dulu calon pengantin pria biasanya mengadakan pesta bujangan sebelum pernikahan dengan menggelar  hiburan yang meriah dan menyembelih ternak untuk memberi makan ratusan tamu. "Kini hampir tidak ada yang melakukannya lagi," kata insinyur berusia 33 tahun,  Mohamed Shedid kepada AFP dari kota asalnya Quweisna di Menoufia, 70 kilometer (43 mil) utara Kairo.

"Dulu kami menyalahkan Covid, tetapi segera setelah itu semua orang dilanda krisis ekonomi, yang menyebabkan harga daging di luar jangkauan sebagian besar keluarga,” imbuhnya.

"Bahkan, sebelum krisis saat ini yang kemudian diperburuk oleh invasi Rusia ke Ukraina tahun lalu, 30% orang Mesir hidup di bawah garis kemiskinan dan jumlanya rentan meningkat,’” demikian menurut Bank Dunia.

"Biaya melonjak berarti pernikahan dan pemakaman kami tidak seperti dulu", kata Omar Maghrabi, seorang guru bahasa Nubia, berusia 43 tahun. Nubia, terutama bagian selatan,  merupakan daerah wisata di mana para turis biasanya berbondong untuk melihat kuil firaun kuno di tepi Sungai Nil. "Segalanya sangat sulit, kami butuh uang hanya untuk menjaga agar roda perekonomian rumah tangga tetap berjalan,” tutur Maghrabi.

Dalam setahun, pound Mesir telah kehilangan hampir setengah nilainya, mendorong harga-harga melonjak lebih dari dua kali lipat di negara yang bergantung pada impor itu.

"Beberapa bulan lalu, ada semacam kesepakatan di antara desa untuk membuat pernikahan lebih sederhana dan terjangkau," kata Maghrabi kepada AFP. "Sekarang tuan rumah hanya perlu menawarkan makan malam seadanya, alih-alih perayaan lama, yang biasanya berlangsung hingga seminggu untuk keluarga terkaya.”

Begitu juga dengan cincin kawin. Dengan meroketnya harga emas, otoritas Muslim tertinggi di Mesir mengatakan bisa menggantinya dengan alternatif yang lebih murah, yaitu perak. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat