visitaaponce.com

5 Makanan Lezat untuk Bekal Perjalanan Mudik

5 Makanan Lezat untuk Bekal Perjalanan Mudik 
Ilustrasi rendang(Dok: Iuga)

AKTIVITAS mudik sudah mulai dijalani masyarakat Indonesia, terutama umat muslim. Mudik menjadi salah satu perjalanan spesial yang kerap dinanti dan tak terlupakan. Namun, seringkali pemudik jalur darat harus bergelut dengan kemacetan.

Agar kondisi stamina tubuh tetap prima selama mudik dan mengantisipasi rasa lapar yang menyerang di tengah perjalanan, sebaiknya siapkan bekal makanan dengan asupan kaya gizi. Apalagi dengan kondisi jalan yang tak menentu, tidak menutup kemungkinan kamu akan menghabiskan waktu seharian penuh di jalanan.

Selain itu, agar lebih memudahkan mudik, sebaiknya pilih menu makanan sederhana dan tahan lama, namun tetap mengenyangkan. Berikut rekomendasi tujuh bekal praktis dan awet untuk mudik lebaran 2023:

1. Kentang kering, pedas dan renyah

Kentang kering atau di Indonesia sering disebut kentang mustofa merupakan olahan kentang yang diiris tipis dan digoreng kering. Tak hanya lezat dan mudah dibawa bepergian, kering kentang Mustofa juga memiliki masa simpan yang cukup lama, sehingga sangat cocok dibawa saat mudik dengan jarak perjalanan yang jauh.

Saat diperjalanan, Anda bisa menyantapnya dengan sepiring nasi atau makanan lainnya seperti mi dan jenis lauk pauk lainnya. Agar teksturnya tetap renyah dan tidak mudah melempem, simpan kentang mustofa pada wadah kedap udara.

2. Roti Gandum

Selain lezat dan menyehatkan, roti gandum yang mengandung karbohidrat kompleks sangat mudah disantap dan cocok menjadi makanan Anda untuk mencegah rasa lapar saat di perjalanan. Menurut data United States Department of Agriculture (USDA), kandungan serat di dalam roti gandum bisa mencapai 15%. 

Karbohidrat kompleks adalah salah satu camilan yang cocok untuk perjalanan jauh. Berbeda dengan karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks akan dicerna lebih lama oleh tubuh sehingga tubuh memperoleh energi lebih lama.

Roti gandum lebih mudah dicerna oleh tubuh sehingga tidak membuat perut terasa penuh yang memicu rasa mual. Selain itu, gandum juga kaya akan serat yang bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Roti gandum bisa jadi pilihan tepat untuk kamu yang tak mau repot menyiapkan bekal mudik. 

3. Tumis Teri Kering Kacang

Sama halnya dengan kering kentang, tumis teri kering kacang juga memiliki ketahanan yang cukup lama dan tak mudah kadaluarsa. Apalagi banyak orang menyukai ikan asin karena memiliki rasa yang enak, harganya terjangkau, dan mudah didapat.

Terdapat berbagai jenis ikan asin yang bisa dipilih sebagai teman santap Anda, beberapa di antaranya adalah ikan asin peda, ikan asin bulu ayam dan ikan asin gabus. Selain rasanya enak, ikan asin juga bermanfaat bagi kesehatan, misalnya menjaga kesehatan tulang dan gigi serta mempercepat penyembuhan luka. 

4. Rendang Kering

Makanan khas Minang ini sudah menjadi pilihan banyak orang jika ingin melakukan perjalanan jauh. Hal tersebut karena rendang bisa menjadi lauk yang aman untuk dibawa dalam jangka waktu lama. Makanan yang kaya rempah ini tak mudah basi dan bisa tahan lama karena dalam proses memasaknya pun membutuhkan waktu tak sebentar. Usahakan memasak rendang hingga kering sehingga bumbunya tak basah jadi tak mudah basi.

5. Buah-Buahan

Makanan yang sehat berupa buah potong sangat direkomendasikan untuk disantap saat perjalanan mudik karena kandungan seratnya bisa menambah stamina tubuh. Serat buah membantu perut kenyang lebih lama tanpa memasok kalori berlebihan buat tubuh. Selain itu, bisa mencegah Anda dari rasa mabuk perjalanan. 

Buah-buahan seperti apel, pisang, jeruk, dan mangga, adalah jenis makanan sehat yang mudah dibawa dan dapat memberikan nutrisi dan energi. Selain itu, buah kaya kandungan air juga bisa sekaligus dijadikan sebagai sumber asupan cairan tubuh.(Totalwellness/M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat