visitaaponce.com

Aktivis Iklim Ingatkan Bahaya Polusi Plastik dari Puntung Rokok

Aktivis Iklim Ingatkan Bahaya Polusi Plastik dari Puntung Rokok
Timbunan puntung rokok yang dikumpulkan para aktivis di Portugal( PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Para aktivis iklim mengumpulkan 650 ribu puntung rokok dan menumpuknya di jantung ibu kota Portugal, Lisbon, pada Minggu (23/4). Aksi itu untuk meningkatkan kesadaran tentang bentuk polusi dari puntung rokok yang sering diabaikan.

Andreas Noe, salah seirang aktivis, tampak mengenakan alat bantu pernapasan untuk melindunginya dari racun di puntung yang tidak dapat terurai secara hayati.

"Kami meminta semua orang di Portugal untuk mengambil bagian dalam aksi komunitas ini untuk meningkatkan kesadaran tentang polusi plastil yang tersembunyi di puntung rokok karena banyak orang tidak mengetahuinya," kata pria berusia 34 tahun itu.

Dia mengatakan puntung rokok adalah contoh sederhana tentang bagaimana seseorang dapat mulai mengambil tindakan terhadap sampah yang menyebabkan polusi laut dan juga krisis iklim.

Dua tahun lalu, pegiat lingkungan dan penggila selancar itu mengumpulkan sekitar satu juta puntung rokok dalam dua bulan.

"Kami ingin mengakhiri masalah ini dengan mendorong orang untuk membuang puntung mereka di tempat sampah atau asbak, jangan sembarangan, apalagi di tanah ," kata David Figueira, yang ikut serta dalam aksi tersebut. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat